Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Resmikan Padat Karya Tunai Desa di 9 Kampung, Edyanto Tekankan Harus Tepat Guna dan Sasaran

Kegiatan PKTD dilaksanakan di sembilan kampung dengan total anggaran sekitar Rp 6,455 miliar lebih. Adapun kampung itu yakni Suakong

HUMASKAB KUBAR
PERESMIAN PKDT - Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan (tengah) dan Anggita DPRD Kubar Mahyudin (tiga kiri) dan Asisten II Setkab Kubar Ayonius (dua kiri) meresmikan PKTD di sembilan kampung di Kecamatan Bentian Besar, ditandai dengan penandatanganan prasasti secara simbolis di halaman Kantor Kepala Kampung Suakong, Sabtu (15/8/2020). 

 

SENDAWAR- Pembangunan yang selama ini dilaksanakan hendaknya berkenaan dengan kepentingan masyarakat, sehingga kepuasaan masyarakat akan terus meningkat.

“Kami menekankan seluruh jajaran pemerintah kecamatan, kampung dan semua elemen masyarakat, agar pembangunan yang dilaksanakan tersebut tepat guna dan sasaran,”tegas Wabup Kubar Edyanto Arkan.

Wabup mengatakan hal ini pada peresmian Padat Karya Tunai Desa (PKTD) melalui ADK dan DD, di sembilan Kampung dalam wilayah Kecamatan Bentian Besar secara simbolis, di halaman Kantor Kepala Kampung Suakong, RT 1 Kampung Suakong, Sabtu (15/8/2020).

Selain itu, setiap kampung maupun kecamatan harus memiliki basis data yang memuat inventarisir data kampung, baik potensi maupun kebutuhan masyarakat. Libatkan seluruh jajaran, optimalkan kegiatan musrenbang kampung dan kecamatan.

Dari basis data inilah baik pemerintah kabupaten, kecamatan dan kampung dapat melakukan analisa kebutuhan. “Kemudian menjadi bahan masukan dalam pertimbangan melahirkan kebijakan yang efektif,”ujarnya.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengeluarkan surat edaran menteri, nomor 8 tahun 2020 tentang desa tanggap corona dan PKTD. Surat edaran tersebut merupakan bagian instruksi presiden dalam memerangi pandemi global dan penguatan perekonomian masyarakat.

Kegiatan PKTD dilaksanakan di sembilan kampung dengan total anggaran sekitar Rp 6,455 miliar lebih. Adapun kampung itu yakni Suakong, Tukuq, Tende, Sambung, Anan Jaya, Jelmu Sibak, Dilang Puti, Penarung dan Randa Empas.

Beberapa PKTD yang dilaksanakan, diantaranya Kampung Tukuq seperti gedung posyandu, jalan usaha tani, workshop anyaman rotan, galeri BUMK, paving halaman PAUD, paving halaman kantor petinggi dan rumah mesin lampu.   

Wabup menambahkan, pembangunan ini merupakan upaya maksimal para petinggi untuk menyerap aspirasi masyarakat. Tidak mungkin kabupaten dapat menyerap semua aspirasi masyarakat secara rinci.

“Wilayah Kubar ini terlalu luas dan yang bisa menyarap aspirasi itu adalah para petinggi, BPK dan tokoh masyarakat,”katanya. (adv/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved