Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati FX Yapan Hadiri Lomba Ketinting dan Panjat Pinang di Kampung Gemuhan Asa

Lomba dilaksanakan selama dua hari di Sungai Mahakam Kampung Gemuhan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Minggu (23/8/2020).

HUMASKAB KUBAR
UANG PEMBINAAN - Bupati Kutai Barat FX Yapan menyerahkan uang pembinaan kepada juara lomba ketinting di Sungai Mahakam, Kampung Gemuhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Minggu (23/8/2020). Lomba digelar selama dua hari ini sekaligus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. 

SENDAWAR - Juara I kelas Underbone 6 HP Vanguard dan Juara di kelas Loncin 7 HP, didominasi oleh peserta dari Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kubar sendiri hanya kebagian Juara II dan harapan I.

Adapun pesertanya yang mengikuti berasal dari Kecamatan Melak, Penyinggahan, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatan, Sekolaq Darat, Muara Lawa serta diikuti peserta dari Kutai Kartanegara. Lomba tersebut dilaksanakan selama dua hari di Sungai Mahakam Kampung Gemuhan Asa Kecamatan Barong Tongkok, Minggu (23/8/2020).

Adapun kegiatan perlombaan balap ketinting, diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan Pinang Ayu merupakan agenda tahunan Kampung Gemuhan Asa. Turut hadir Kadishub,Kasatpol PP, Camat Barong Tongkok, Ketua KNPI Kubar, Kepala Bagian Pembangunan dan Ortal.

Lebih lanjut Bupati FX Yapan SH menjelaskan, lomba Ketinting dan Panjat Pinang Ayu di Kampung Gemuhan Asa diharapkan dapat mengimplementasikan sub tema dengan sangat baik yaitu “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Inovasi serta Potensi Daerah agar Semakin Produktif Menuju Indonesia Maju untuk Mewujudkan Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini.”

Menyadari warisan tradisional tidak boleh ditinggalkan, maka patut semua elemen masyarakat memberikan semangat yang tinggi untuk event final turnamen ketinting dan panjat pinang ayu yang dilaksanakan ini. Event ini menjadi cerminan atau refleksi bersama sudah sejauhmana semangat persatuan dan kesatuan dipupuk untuk mendukung dan menyukseskan pembangunan di Kutai Barat.

Terlebih, lanjut Bupati Yapan, perlu diketahui berdasarkan hasil verifikasi Indeks Desa Membangun (IDM), Kampung Gemuhan Asa memperoleh predikat Maju.

“Berdasarkan hasil tersebut, saya kembali mengimbau agar Petinggi, BPK dan Warga Gemuhan Asa untuk bersinergitas dengan baik sehingga program pembangunan melalui Dana Desa (APBN) ataupun Alokasi Dana Kampung (APBD) tepat sasaran, berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan dan bukan kepentingan semata.

Tidak lupa peran dan fungsi camat juga harus lebih dioptimalkan dalam pembinaan dan pengawasan kegiatan di kampung. Dorong, motivasi, jalin jejaring kerja dengan seluruh elemen mulai dari organisasi masyarakat, organisasi pemuda, organisasi keagamaan, perusahaan, lembaga adat dan semuanya tanpa terkecuali untuk peduli membangun,” harap Bupati.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved