Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Asa Pelajar Kaltim di Masa Pandemi, Dewan Minta Pemerintah Beri Solusi Penyesuaian Sistem Pendidikan

Ely Hartati Rasyid meminta pemerintah membuat data akurat tentang pelajar yang terdampak pandemi Covid-19,

HUMAS DPRD KALTIM
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid 

SAMARINDA- Di tengah pandemi saat ini, pemerintah harus serius dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan pendidikan agar para pelajar mendapat kepastian dalam memperoleh hak pendidikannya.

Untuk itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid meminta pemerintah membuat data akurat tentang pelajar yang terdampak pandemi Covid-19, agar kebijakan yang dijalankan memastikan semuanya mendapat hak akan pendidikan.

“Data akurat akan menjadi fondasi bagi penyusunan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan pemberian bantuan yang tepat penerima serta tepat guna,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, pandemi Covid-19 memberi dampak luas pada semua sektor. Banyak orang mengalami penurunan penghasilan, bahkan sampai ada yang kehilangan pekerjaan.

Di saat bersamaan, ada perubahan model belajar yang semula tatap muka di sekolah, menjadi PJJ yang membutuhkan fasilitas tambahan seperti internet dan perangkat pendukungnya.

“Sementara itu, untuk pemenuhan metode seperti pembelajaran dengan sistem PJJ, tidak semua pelajar dapat mengakses internet karena keterbatasan,” ungkap dia.

Ely menegaskan, DPRD Kaltim berharap pemerintah dapat melakukan terobosan untuk penyesuaian sistem pendidikan pada masa darurat akibat Covid-19.

“Pembangunan sumber daya manusia jangan sampai terhambat karena pandemi Covid-19. Nasib suatu bangsa ke depan ditentukan generasi muda yang saat ini,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah juga diminta mampu memberikan solusi bagi para pelajar yang karena kendala geografis dan keterbatasan infrastruktur telekomunikasi belum bisa mengikuti proses pembelajaran. “Karena pendidikan adalah hak setiap anak yang harus dipenuhi,” tambahnya.(adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved