Breaking News:

Gaya Hidup

Hari Aksara 8 September, Ini Kisah Roelyta Aminuddin Rintis TBM An-Nisaa Demi Tumbuhkan Minat Baca

Hari Aksara 8 September, ini kisah Roelyta Aminuddin Rintis TBM An-Nisaa demi tumbuhkan minat baca masyarakat.

TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO
Hari Aksara 8 September, ini kisah Roelyta Aminuddin Rintis TBM An-Nisaa demi tumbuhkan minat baca masyarakat. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari Aksara 8 September, ini kisah Roelyta Aminuddin Rintis TBM An-Nisaa demi tumbuhkan minat baca masyarakat.

Taman Baca An-Nisaa, terletak diantara banyak gedung menjulang tinggi di pusat kota. Yakni Jalan Gajah Mada, No 19, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota.

Sekitar 100 meter dari Klenteng Guang De Miao. Sepanjang jalan menuju Taman Bacaan Masyarakat (TBM) tersebut, di samping kanan kiri, pemandangan mural dengan berbagai motif akan memanjakan mata telanjang.

Bangunan satu lantai ini, adalah milik Roelyta Aminuddin. Selain TBM, ia juga mengelola wadah belajar dan bermain anak usia dini yang ia namai PAUD An-Nisaa. Berkesinambungan dengan lokasi rumah tempat tinggalnya.

Kepada Tribunkaltim.co, Roelyta Aminuddin menyebut sudah mengelola TBM sejak 9 tahun lalu. Tepatnya pada tahun 2011.

Kecintaannya pada buku, membuatnya terjebak dengan manis di lembaran kata-kata. Ia susun dengan rapi, dan berbagai genre. Dengan harapan, generasi semakin cerdas, membangun bangsa.

"Saya gemar membaca. Punya lumayan banyak koleksi buku. Rasanya sayang, jika dibiarkan usang dimakan waktu. Akhirnya saya mulai bangun TBM An-Nisaa," ujar Roelyta Aminuddin.

Bermula dari 300 buku koleksi pribadinya, ia mulai merintis perpustakaan kecil untuk umum. Perempuan berhijab ini juga mulai membangun jaringan.

Hingga akhirnya, bantuan terus mengalir. Saat ini, sekira 7.000 koleksi buku ada di sana.

Kendati sibuk mengurus rumah tangga, ibu dari 2 anak ini ingin hidupnya berguna. Untuk dirinya, orang sekitar, bangsa dan negara. Ia bahkan tidak menyangka, TBM An-Nisaa sudah ia kenalkan di lingkup nasional.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved