Breaking News:

UMKM Sebagai Penggerak Roda Perekonomian, Ketua IWAPI Balikpapan: Bagaimanapun Caranya Harus Dibantu

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Dibutuhkan perhatian dari banyak pihak, mengingat sekt

TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Balikpapan, Ernawaty Gafar mengatakan, bantuan langsung tunai atau BLT untuk UMKM, tentu sangat membantu pelaku usaha, terutama pelaku industri mikro atau rumahan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat.

Dibutuhkan perhatian dari banyak pihak, mengingat sektor ini diyakini dapat menyelamatkan perekonomian Indonesia yang kini dibayangi resesi.

Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) Balikpapan, Ernawaty Gafar mengemukakan, berdasarkan latar belakang itu, bantuan kini tidak hanya dari pemerintah saja.

Namun, berbagai pihak juga berlomba-lomba memberikan bantuan melalui CSR-nya.

"Bagaimanapun caranya, UMKM harus dibantu. Kalau tidak begitu, perekonomian tidak akan jalan. UMKM sekarang ini adalah roda pembangunan ekonomi," kata, Rabu (16/9/2020).

Saat disinggung soal bantuan langsung tunai atau BLT untuk UMKM, menurut Ernawaty Gafar, tentu sangat membantu pelaku usaha, terutama pelaku industri mikro atau rumahan.

Namun untuk usaha menengah yang juga turut terdampak, bantuan ini terbilang kecil. "Namun, berapapun itu memang harus disyukuri," imbuhnya.

Dengan adanya dana hibah itu, lanjut Ernawaty Gafar, akan menambah semangat pelaku usaha mikro. Meski demikian, tidak semua anggota yang tergabung di IWAPI mengajukan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

"Sementara ini, karena IWAPI sudah ada MoU dengan Pertamina, jadi kurang lebih 85 persen yang terdiri dari pengurus sama anggota mengajukan ke CSR Pertamina. Jadi memang tidak bisa lagi untuk mendapat bantuan itu," tuturnya.

Dalam program itu, setiap pelaku usaha akan menerima Rp 2,4 juta yang dibayarkan satu kali melalui bank penyalur. Total ada 12 juta UMKM yang akan menerima bantuan.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved