Breaking News:

Kondisi Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan, Pemberian Pakan Bertambah Karena Pengunjung Berkurang

Penangkaran Buaya Teritip merupakan salah satu destinasi wisata andalan saat berkunjung di Kota Minyak.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Buaya-buaya di penangkaran Buaya Teritip. Pengelola sebut pendapatan berkurang karena vakum selama 4 bulan. Saat beroperasi pun, pengunjung tak lebih dari 50 persen, Kamis (17/9/2020) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Pembatasan sosial yang dilakukan masyarakat demi memutus mata rantai Virus Corona atau covid-19, memang memberi efek domino bagi banyak sektor, termasuk penangkaran buaya yang terletak di kawasan Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penangkaran Buaya Teritip merupakan salah satu destinasi wisata andalan saat berkunjung di Kota Minyak.

Bahkan warga lokal pun kerap kali mampir disini. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan tingkah unik buaya dan mempelajari seluk-beluk tentangnya.

Tempat penangkaran Buaya Teritip sudah dibangun sejak 1996, dengan tujuan mulia untuk mengembangbiakkan dan membudidayakan satwa liar.

Baca Juga:NEWS VIDEO BKSDA Berau Evakuasi Puluhan Buaya Badas di Penangkaran Milik Warga Sambaliung

Baca Juga:BREAKING NEWS BKSDA Berau Evakuasi Puluhan Buaya Badas di Penangkaran Milik Warga Sambaliung

Selain itu, keberadaan penangkaran Buaya Teritip juga dimaksudkan untuk menyediakan pasokan kulit buaya, sebagai bahan baku pembuatan tas untuk industri kreatif usaha kecil dan menengah.

Terlepas dari kedua hal tersebut, keberadaan Penangkaran Buaya Teritip juga menjadi salah satu objek wisata keluarga alternatif kebanggan masyarakat Balikpapan.

Tak heran saat memasuki akhir pekan dan hari libur sekolah, Penangkaran Buaya Teritip kerap diramaikan wisatawan, baik dari Balikpapan maupun dari luar daerah.

Namun saat masa pandemi, masa sulit juga turut dirasakan. "Pengunjung berkurang lebih dari 50 persen. Selama 4 bulan kami tutup, dari Maret hingga 24 Juli lalu baru buka lagi," ujar Manager Operasional Penangkaran Buaya Teritip, Aris, Kamis (17/9/2020).

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved