Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Stop Stigma Negatif dan Panik Berlebihan Terkait Covid-19

“Kalau ada yang positif jangan di stigma. Tapi harus dibantu dan saling support demi kesembuhannya,”ujarnya.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
RAPID TEST - Tenaga kesehatan melakukan rapid test massal covid-19 pada pegawai dan TKK di Dinas Lingkungan Hidup Kubar, Barong Tongkok, Kamis (8/10/2020). 

SENDAWAR - Masyarakat diminta tidak panik berlebihan terhadap pandemi covid-19. Apalagi sampai menimbulkan stigma negatif, bagi seseorang yang terkonfirmasi positif.

Seseorang yang diduga atau terkonfirmasi positif covid-19 membutuhkan dukungan dari keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh. “Kabar atau informasi yang baik, menjadi salah satu faktor pendukung kesembuhan,” kata Kepala Dinkes Kubar dr Rita Sinaga, Kamis (8/10).

Untuk mempercepat kesembuhan pasien, semua unsur masyarakat serta pemerintah harus saling mendukung. Tidak bisa dilakukan hanya oleh salah satu lembaga atau perorangan. Selalu mendukung dan menyemangati pasien, agar imun tubuh menjadi lebih baik.

Intinya penanganan harus terpadu, bersama-sama. Tingkatkan kasih sayang serta saling menyayangi. “Kalau ada yang positif jangan di stigma. Tapi harus dibantu dan saling support demi kesembuhannya,”ujarnya.

Masyarakat diminta agar menerapkan 3M (Mencuci tangan, Menggunakan masker dan Menjaga jarak). Kalau tidak terpaksa keluar rumah, jangan keluar dulu. Begitu juga para pegawai, kalau tidak penting betul, jangan melakukan dinas luar (DL).

Misalkan, kalau DL. Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sesudah pulang ke Kubar. Begitu sampai wajib lapor ke hotline puskesmas yang terdekat dengan rumahnya.

Diharapkan dasawisma itu bisa berjalan. Misalkan ada tetangganya baru datang, bisa mengingatkan. “Hal ini untuk menjaga kesehatan dari orang-orang terdekat dan masyarakat sekelilingnya serta membantu mencegah penyebaran covid-19,”ujarnya. (adv/hms6/NAW)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved