News Video

NEWS VIDEO Malam Ini Puncak Hujan Meteor Orionids, Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

hujan meteor Orionids yang sudah aktif sejak 2-7 Oktober lalu, akan mencapai puncaknya pada 21 Oktober, dini hari nanti.

TRIBUNKALTIM.CO - Bagi Anda yang seringkali susah tidur, malam ini bisa sembari menikmati hujan meteor Orionids.

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) hujan meteor Orionids yang sudah aktif sejak 2-7 Oktober lalu, akan mencapai puncaknya pada 21 Oktober, dini hari nanti.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, Emanuel Sungging mengatakan bahwa hujan meteor itu sebenarnya terjadi sepanjang tahun.

Hujan meteor bisa terjadi karena dalam revolusi mengitari Mahatari, Bumi senantiasa melewati wilayah yang tidak sepenuhnya hampa.

Penampakan itu terjadi, ketika melewati daerah yang terkontaminasi oleh debu, komet, asteroid, atau debu-debu kosmis lainnya.

Ia menambahkan, hujan meteor ini dinamai Orionids karena berdasarkan titik radian atau titik asal munculnya hujan meteor, yang terletak di konstelasi Orion.

Umumnya, rasi bintang orion berada di sebelah barat di langit.

Menariknya, fenomena hujan meteor Orion ini berasal dari sisa debu komet Halley yang mengorbit Matahari setiap 76 tahun sekali.

Beruntungnya, wilayah Indonesia bisa menyaksikan hujan meteor Orionids ini tanpa bantuan alat optik atau bisa dengan mata telanjang.

"Hujan meteor tidak perlu teleskop, yang penting langitnya bersih dari polusi cahaya," ujarnya.

Di belahan Bumi Utara maupun belahan Bumi Selatan, hujan meteor ini disebutkan hadir dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Sebab, meteor yang terjadi intensitasnya antara 13-14 meteor per jam mulai malam ini, Selasa (20/10/2020) pukul 23.00 WIB hingga esok pagi pukul 05.00 WIB, Rabu (21/10/2020).

 Untuk diketahui, intensitas hujan meteor tergolong deras dan paling tinggi yaitu jika mencapai 120 meteor per jam.

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Naskah: Kompas.com

Video Editor: TribunKaltim.co/Ardian

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Lewatkan, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Orionids", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/20/193000323/jangan-lewatkan-malam-ini-puncak-hujan-meteor-orionids?page=all.

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved