Breaking News:

Program PKM Poltekba Bantu Peningkatan Air Bersih di Masjid Al-Hijrah Karang Joang, Balikpapan

Program Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Teknik Sipil Poltekba melakukan kegiatan pengabdian membantu peningkatan air bersih di Masjid Al Hijrah.

Editor: Sumarsono
HO
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melakukan kegiatan pengabdian membantu peningkatan air bersih di Masjid Al Hijrah, Karang Joang, Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN  - Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melakukan kegiatan pengabdian membantu peningkatan air bersih di Masjid Al Hijrah, Karang Joang, Balikpapan Utara.

PKM Poltekba Jurusan Teknik Sipil ini melibatkan tim, terdiri dari Tatag Yufitra Rus ST, MSc (Ketua Tim dan Desain Pondasi), Ir Ali Arifin, MT (Desain Struktur), Ezra Hartarto P ST, MT (Desain Sistem Filter), dan Masrul Huda, MA (Manajemen Pelaksanaan).

Selain itu, tim juga dibantu para mahasiswa, yakni Muhammad Reia Fajrul P, Nur Intan Khairiyani, serta Ketua Masjid Al Hijrah Ustad Abdurrahman.

Menurut Tatag Yufitra Rus ST, MSc, selaku Ketua Tim PKM, bantuan peningkatan kualitas air bersih ini didasari karena, belum adanya sumber air baku distribusi dari PDAM di masjid tersebut. Untuk kebutuhan air bersih, menggunakan sumur bor.

"Hasil uji air di tempat tersebut menunjukkan dari segi PH, warna kekeruhan dan zat besi tidak sesuai dengan standar Permenkes, sehingga perlu perawatan dan control, serta peningkatan kualitas air karena proses filter dasar menggunakan batu pecah, arang, dan pasir," jelas Tatag.

Diharapkan bantuan air bersih ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Karang Joang, khususnya jemaah yang biasa melaksanakan ibadah di Masjid Al Hijrah. 

Kegiatan PKM ini sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian Poltekba kepada masyarakat sekitar kampus.

Ketua Masjid Al Hijrah Ustad Abdurrahman menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Tim PKM Poltekba, sehingga kebutuhan air bersih bagi masyarakat di sekitar masjid bisa terpenuhi.

"Kami mewakili jemaah dan masyarakat sekitar Masjid Al Hijrah mengucapkan banyak terima kasih.

Selama ini kami yang hanya memanfaatkan air hujan, dengan bantuan dari Poltekba bisa menikmati air bersih dan sehat," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved