Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Lakukan Sosialisasi Perda Pajak di Teluk Pandan, Safuad Sebut Masyarakat Setempat Sangat Antusias

Ia mengaku, kegiatan sosper ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Banyak dari masyarakat yang hadir

Editor: Achmad Bintoro
HUMAS DPRD KALTIM
Anggota DPRD Kaltim Safuad melakukan kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah di Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, Sangatta. 

SANGATTA - Salah satu tugas legislatif adalah mensosialisasikan peraturan daerah (perda). Diharapkan masyarakat mengetahui segala peraturan yang berlaku di wilayah sehingga mampu menciptakan kehidupan yang terlindungi hukum.

Beberapa waktu lalu, Anggota DPRD Kaltim Safuad melakukan kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah, di Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, Sangatta.

Kegiatan ini dilakukan karena menurut Safuad, tidak semua masyarakat mampu mendapatkan informasi yang cukup mengenai perda yang telah dibentuk legislatif. Selain faktor terbatasnya akses informasi, juga dikarenakan minimnya sosialisasi yang dilakukan pasca sebuah regulasi ditetapkan.

“Sebuah peraturan itu dapat berjalan dengan maksimal jika diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Maka itu, sudah tugas kami selaku anggota legislatif menyebarluaskan perda yang telah dibentuk,” sebut Safuad.

Dalam sambutannya, dia mengatakan, perda merupakan suatu produk hukum yang mempunyai fungsi sebagai instrumen kebijakan untuk menjalankan otonomi daerah sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

“Perda merupakan penampung dan penyalur aspirasi masyarakat daerah. Karena itu perlu memberikan pemahaman dan penjelasan tentang masing-masing substansi materi,” ucapnya.

Sosialisasi perda yang mengatur tentang pajak, kata dia, diadakan untuk memberikan pemahaman lebih, sekaligus dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di Kutai Timur sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

Safuad juga mengatakan, sosialisasi ini sekaligus merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan ketaatan hukum dan ketaatan pajak bagi masyarakat Kaltim, khususnya di Kutai Timur. Ia mengaku, kegiatan sosper ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Banyak dari masyarakat yang hadir akhirnya mengetahui dan memahami bagaimana pajak dan pemanfaatannya.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat dapat memahami dan menjalankan peraturan yang telah ditetapkan, serta semakin taat dalam membayar pajak. Karena pajak sebagai tolak ukur pembangunan di Kaltim. Semakin taat masyarakat membayar pajak, semakin baik pula tingkat pembangunan di daerah,” pungkas Safuad. (adv/hms6)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved