Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Komitmen Agrosolution Genjot Produktivitas Pertanian di Kaltim, Isran Noor Minta Mudahkan Permodalan

Pertanian begitu masif kegiatannya dan banyak menyerap tenaga kerja, serta besar manfaatnya menjamin ketersediaan dan menjaga stabilitas produk pangan

Penulis: Heriani AM | Editor: Adhinata Kusuma
TRIBUNKALTIM/DWI ARDIANTO
Penandatanganan nota kesepahaman bersama Pupuk Kaltim, BRI, Bankalimtara, Asuransi Jasindo, Bulog Kaltimtara, dan BMKG. Terkait Komitmen Bersama Dukungan Program Agrosolution di Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (24/3/2021) di Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyebutkan secara nasional sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif yang paling tinggi dari seluruh sektor.

Pertumbuhannya mencapai 14 persen. Artinya, pertanian begitu masif kegiatannya dan banyak menyerap tenaga kerja, serta besar manfaatnya menjamin ketersediaan dan menjaga stabilitas produk pangan.

Dalam membangun sinergitas ini menurut Gubernur Isran Noor, harus melibatkan seluruh pihak dan memiliki komitmen kuat yang sama bagi pemangku kepentingannya, agar petani pangan, tanaman pangan dan hortikultura termotivasi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Petani harus ditingkatkan kapasitas dan keterampilannya, didampingi kegiatan mereka, didukung sarana prasarananya, dibantu sistem pengelolaan lahannya, mudahkan permodalannya serta buka pasar produknya," kata Isran dalam rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura se Kaltim 2021 di Balikpapan, Rabu (24/3/2021).

Jumlah Produksi Pangan 2020 di Kaltim Meningkat Pesat, Omzet Petani Beras Tembus Rp 1,7 Triliun

Dalam giat itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Pupuk Kaltim, BRI, Bankalimtara, Asuransi Jasindo, Bulog Kaltimtara, dan BMKG. Terkait Komitmen Bersama Dukungan Program Agrosolution di Provinsi Kalimantan Timur.

Bankaltimtara sebagai lembaga keuangan berkomitmen memberikan dukungan terhadap akses permodalan perbankan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau kredit lainnya.

Pun dengan pihak terkait lain. Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) Qomaruzzaman menyebut dengan program agrosolution tersebut targetnya untuk meningkatkan pendapatan petani.

"Kita akan support petani dengan program agrosolution ini, memfasilitasi sekaligus dengan pendanaan. Ada dari perbankan, support dari asuransi juga untuk men-cover bilamana ada kegagalan panen," terangnya.

Berita tentang Kaltim

Berita tentang Bankaltimtara  

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved