Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Launching Aplikasi Sinar, Kemudahan Perpanjang SIM Cukup Lewat Ponsel

Dengan hastag #DimanaSaja, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik untuk urusan administrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Editor: Faizal Amir

TRIBUNKALTIM.CO- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) Korlantas Polri secara daring, Selasa (13/4/2021) sore.

Diikuti sejumlah Polda dari seluruh wilayah, tak terkecuali Polda Kaltim yang turut menyimak peluncuran aplikasi ini di Ruang Mahakam Polda Kaltim.

Dengan hastag #DimanaSaja, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik untuk urusan administrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: NEWS VIDEO Ridwanudin Sang Penjaga Alquran Berusia 363 Tahun, Pernah Alami Kejadian di Luar Nalar

Hanya saja, untuk wilayah Polda Kaltim, aplikasi Sinar ini baru bisa digunakan untuk 3 kota terlebih dahulu, yakni Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak usai peluncuran aplikasi Sinar.

"Masyarakat yang mau perpanjang SIM bisa dilakukan secara digital dari rumah. Pelayanannya saya kira membawa suasana baru dalam pelayanan SIM," ucapnya didampingi Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata.

Untuk aplikasi ini, sementara baru mengakomodir pengajuan perpanjangan semata. Sehingga untuk permohonan baru, masih berlaku prosedur yang sebelumnya.

"SIM baru belum. Masih seperti yang sekarang. Nanti akan di launching tapi kita belum tau akan sprti apa nanti," ujarnya lagi.

Dijelaskan Irjen Pol Herry, aplikasi ini sudha bisa digunakan sejak besok, Rabu (14/4/2021), di kota-kota yang telah ditentukan di Kaltim. Dan sementara baru bisa tersedia di PlayStore atau berbasis android.

"Untuk yang iPhone, belum. Tapi itu tidak lama, layanan aplikasi Sinar juga bisa dinikmati oleh masyarakat pengguna iPhone," lanjut Irjen Pol Herry.

Diakhir, ia menutup bahwa dengan adanya aplikasi ini, tentu akan sangat efektif untuk mengurangi potensi joki atau calo yang biasa digunakan masyarakat.(*)

Berita Balikpapan

Berita Video

Editor: TribunKaltim.co/Fz
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved