Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Waspada Siklon Tropis Surigae, Angin Kencang Landa Kaltara

Meskipun cukup jauh dari titik siklon, wilayah Kalimantan Utara akan terkena dampak dari adanya Siklon Tropis Surigae

TRIBUNKALTIM.CO- Sebelumnya masih bibit siklon dengan nama 94 W, kini terkonfirmasi menjadi siklon dengan nama Siklon Tropis Surigae.

Siklon Tropis Surigae, yang terdapat di wilayah Samudra Pasifik bagian utara Papua ini, bergerak menjauhi wilayah Indonesia dan menuju wilayah Timur Filipina.

Meskipun cukup jauh dari titik siklon, wilayah Kalimantan Utara akan terkena dampak dari adanya Siklon Tropis Surigae.

Baca juga: NEWS VIDEO Kadar Zakat Fitrah dan Fidyah, Rapat Kemenag Paser bersama Organisasi Masyarakat

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Sulam Khilmi, saat ditemui di Kantor Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Kamis (15/4/2021).

"Sebelumnya memang masih bibit siklon, dengan indikator 94 W, sekarang sudah menjadi Siklon dengan nama Surigae," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Sulam Khilmi.

Menurutnya, Siklon Tropis Surigae ini akan berlangsung hingga 3 Hari ke depan, atau hingga tanggal 18 April mendatang.

"Diprediksi dampak dari siklon ini masih akan terasa hingga 3 Hari ke depan, meskipun lokasi siklon ini menjauhi wilayah Indonesia," terangnya.

Adapun dampak yang terjadi akibat Siklon Tropis Surigae ialah, intensitas hujan sedang dan angin kencang yang terjadi pada malam hari.

"Dampak di wilayah Kaltara ini, yang paling siginifikan ini, angin kencang ya, dua malam terakhir itu angin kencang sangat terasa ya. Intensitas hujan sedang dan angin kencang itu terjadi pada malam hari," ujarnya.

Di mana pada dua hari terakhir kecepatan angin yang tercatat di wilayah Kaltara mencapai 26 Knot, dari kondisi normal sekitar 10 Knot.

"Kalau kemarin itu angin kencang bisa sampai 26 Knot ya atau sampai 54 Km/jam, apdahal di waktu normal hanya 10 Knot, jadi jauh sekali perbedaannya," katanya.

Pihaknya mengimbau agar warga Kaltara khususnya yang ada di Kabupaten Bulungan agar menghindari perjalanan pada malam hari. Serta mewaspadai pohon tumbang yang dapat terjadi akibat angin kencang.(*)

Berita Kaltara

Berita Video

Editor: TribunKaltim.co/Fz
Editor: Faizal Amir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved