Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Pilot Project E-Parking di Samarinda Sudah Diterapkan di Lima Ruas Jalan

Telah dilakukan peresmian uji coba Elektronik Parking (E-Parking), di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

TRIBUN KALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Suasana peresmian uji coba Elektronik Parking di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada Senin (3/5/2021) kemarin. (TRIBUN KALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Telah dilakukan peresmian uji coba Elektronik Parking (E-Parking), di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Senin (3/5/2021) kemarin.

Peresmian dihadiri Walikota Samarinda Andi Harun dan Wakil Walikota Samarinda Rusmadi, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni Dinas Perhubungan Kota Samarinda.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Jalan (LLJ) Dishub Samarinda, Vincentius Hari Prabowo, menuturkan bahwa sekarang ini ada lima ruas jalan yang menjadi pilot project E-Parking tersebut.

Yaitu Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Abul Hasan, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Panglima Batur, dan Jalan KH Khalid.

"Namun tidak semua ruas jalan tadi menerapkan E-Parking, hanya titik tertentu. Jadi masing-masing jalan maunya satu kantong parkir yang menerapkan E-Parking," ungkapnya, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Guna Tingkatkan PAD dari Sektor Parkir, Walikota Andi Harun Resmikan Uji Coba E-Parking di Samarinda

Hari sapaan karibnya menambahkan, untuk mekanisme pembayarannya melalui QRIS, atau sistem QR code terintegrasi yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI).

Jadi, nantinya pemilik kendaraan akan menscan QR code yang tampil di alat dengan smartphone, untuk membayar parkir secara non tunai tersebut.

Untuk sekarang, sudah ada 10 E-Parking dari hasil kerja sama dengan Bank Kaltimtara.

Namun baru 6 alat yang siap lantaran masih dalam proses pembuatan QR code yang mebutuhkan waktu beberapa hari.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved