Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Guna Tingkatkan PAD dari Sektor Parkir, Walikota Andi Harun Resmikan Uji Coba E-Parking di Samarinda

Electronik Parking (E-Parking) telah resmi dilakukan uji coba, di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Walikota Samarinda Andi Harun, didampingi oleh Wakil Walikota Samarinda Rusmadi saat melakukan Uji Coba E-Parking di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin (3/5/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Electronik Parking (E-Parking) telah resmi dilakukan uji coba, di Dermaga Mahakam Ilir, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Senin (3/5/2021).

Andi Harun Walikota Samarinda, menuturkan bahwa dengan adanya E-Parking merupakan cara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Samarinda.

Menurutnya hingga kini, penarikan retribusi parkir secara konvensional atau menggunakan karcis masih dianggap belum maksimal ataupun tertata dengan baik.

Kendati demikian, dengan diterapkannya transaksi non tunai tersebut diharapkan mampu menutupi kebocoran PAD dari sektor parkir.

Baca Juga: NEWS VIDEO Juru Parkir Samarinda Akan Terapkan E-Parking di Tahun 2021, Guna Hindari Kebocoran PAD

"Dengan harapan bisa meningkatkan PAD. Dengan lebih hegenis karena tidak ada transaksi tunai, dan kita berharap parkir di samarinda tertata dengan baik," ungkap AH sapaan karibnya.

AH melanjutkan, bahwa penerapan E-Parking masih mengandalkan juru parkir (Jukir) di dalam pemberlakuannya di lapangan.

Namun nantinya akan ada bimbingan teknis (Bimtek) bagi jukir dari Dishub dan Diskominfo Kota Samarinda. Lantaran E-Parking di Ibu Kota Kaltim ini dianggap baru sehingga perlunya evaluasi.

Ini dilakukan agar jukir siap dan memiliki pengetahuan, apalagi selama ini jukir terbiasa dengan cara konvensional.

"Sehingga e-parking ini bisa dilaksanakan," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved