Breaking News:

Banjir di Berau

Banjir di Teluk Bayur dan Sambaliung, TNI Polri Kerahkan Personel & Beri Bantuan pada Korban Banjir

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning bersama Dandim 0902/Trd Letkol Inf Fardin Wardhana memimpin langsung personelnya meninjau lokasi banjir,

TRIBUNKALTIM.CO/ IKBAL NURKARIM
Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning di dampingi Dandim 0902/Trd Letkol Inf Fardin Wardhana memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir, Minggu (16/5/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning bersama Dandim 0902/Trd Letkol Inf Fardin Wardhana memimpin langsung personelnya meninjau lokasi banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Teluk Bayur dan Sambaliung, Minggu (16/5/2021).

Selain meninjau TNI - Polri juga menurunkan personel membantu korban banjir dan membagikan paket sembako kepada warga yang terdampak.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto menegaskan TNI dan Polri siap membantu masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan untuk di evakuasi.

Baca juga: Banjir Merendam 2 Kampung di Sambaliung Berau, Ketinggian Air Mencapai 2 Meter di Sejumlah Titik

"Kita sama-sama peduli dengan masyarakat yang terdampak banjir, jadi kami meninjau langsung dan menerjunkan personel baik dari Polri maupun TNI untuk siap evakuasi atau membantu masyarakat yang membutuhkan," jelas Edy.

"Kami membawa berupa beras, Indomie dan telur, tujuan agar masyarakat yang masih bisa memasak bisa di rop bahan mentahnya. Dan wilayah yang cukup parah nanti pihak kampung akan membuat pos dan membuat dapur umum untuk diantar makanan tersebut ke rumah warga saat jam makan tertentu," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0902/Trd Letkol Inf Fardin Wardhana meminta agar pihak terkait bisa membangun koordinasi baik, pasalnya banjir yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Berau merupakan peristiwa yang tiap tahun terjadi akibat luapan sungai.

"Ini adalah banjir tahunan apabila sungai Segah dan Kelay meluap akibat hujan deras di hulu sehingga berdampak di hilir seperti di Kampung Tumbit Melayu ini," kata Letkol Info Fardin.

"Sehingga ini yang perlu kita antisipasi, kedepan membangun suatu SOP atau aturan mengenai banjir ini, sehingga sesuatu yang tidak kita inginkan bisa diminimalisir. Karena memang sinyal utama dari Segah dan Kelay sudah bisa menginformasikan ke wilayah Tumbit Dayak di Kecamatan Teluk Bayur atau Sambaliung sehingga bisa menghindari jatuh korban maupun kerugian," pungkasnya.

Baca juga: Tinjau Posko Penyekatan, Bupati Berau Nilai Kesadaran Warga Cukup Tinggi Patuhi Larangan Pemerintah

Dirinya juga menegaskan untuk membantu warga terdampak pihaknya menerjunkan personel bersama polisi.

"Sekedar informasi mulai dari semalam di hulu Kecamatan Segah dan Kelay tidak mengalami hujan hingga siang, dan semoga dua hari ini banjir bisa segera surut," tutupnya.

Halaman
123
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Rita Noor Shobah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved