Breaking News:

Juni Mendatang, 51 Kades Terpilih di Kabupaten Paser Akan Dilantik Secara Serentak

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser berencana menggelar pelantikan 51 kepala desa (kades) terpilih secara serentak pada Juni

Penulis: Syaifullah Ibrahim
Editor: Diah Anggraeni
TRIBUN KALTIM/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Paser, Hulaimi saat menjelaskan terkait proses pelantikan kepala desa terpilih. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser berencana menggelar pelantikan 51 kepala desa (kades) terpilih secara serentak pada Juni 2021.

Sebelumnya, DPMD Paser telah menggelar sosialisasi persiapan pelantikan 51 kades terpilih di Kompleks Perkantoran DPMD Paser, Selasa (18/05/2021) kemarin.

Baca juga: Pemkab Paser Prioritaskan 5 Titik Perbaikan Jalan, Butuhkan Anggaran Rp 1,7 Triliun

Kepala DPMD Paser, Hulaimi mengatakan agar bisa menampung 51 kades terpilih tersebut, pemerintah daerah akan menentukan tempat pelantikan yang bisa menerapkan protokol kesehatan.

"Yang penting bangunan bisa memuat undangan. Dengan harapan tempat pelantikan yang sesuai protokol kesehatan, karena ini akan dihadiri 51 kepala desa beserta istri, camat, kapolsek, ketua panitia dan ketua BPD. Harapan kami," kata Hulaimi.

Lebih lanjut Hulaimi mengatakan, hasil koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, pelantikan kades disarankan dilakukan dalam beberapa tahapan.

"Belum kita rencanakan (pelantikan dalam beberapa tahap). Saran dari Satgas Covid-19 kemarin, pelantikan dilakukan dalam beberapa tahapan atau tidak serentak. Kami akan mengikutinya," jelasnya.

Baca juga: Tinjau Pembangunan Jalan, Wabup Paser Sebut Jika tak Ada Keluhan Berarti Progresnya Sudah Bagus

Hulaimi menegaskan, jika DPMD Paser tidak akan melanggar prokes pada pelantikan nanti, sehingga tidak memunculkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan kemarin, ada beberapa hal yang Ia sampaikan kepada kades terpilih, di antaranya harus menggunakan pakaian beserta atribut resmi.

"Untuk biaya pembuatan baju ditanggung pemerintah daerah, makanya pada sosialisasi yang dilakukan kemarin sekaligus kami mengukur pakaian para kades," terangnya.

DPMD meminta para kades untuk mempersiapkan diri sebelum hari pelantikan, karena pelantikan akan dilakukan di ibu kota kabupaten.

"Nanti kami akan gelar gladi bersih. Untuk kepastian tanggal pelantikan masih belum ditentukan," katanya.

Selain itu, DPMD Paser juga mengimbau para kades agar hanya membawa satu pendamping, sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa yang bisa memicu klaster baru penyebaran Covid-19. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved