Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Gerakan Salat Subuh Berjamaah, Melanjutkan Kesucian Ramadan

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri pengajian rutin Majelis Subuh Ahad di Masjid Nurul Mukminin Pemprov Kaltim Jalan Jenderal Sudirman

Editor: Diah Anggraeni
SYAIFUL ANWAR/HUMASPROV KALTIM
Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi saat menunaikan salat Subuh berjamaah di Masjid Nurul Mukminin Pemprov Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri pengajian rutin Majelis Subuh Ahad di Masjid Nurul Mukminin Pemprov Kaltim Jalan Jenderal Sudirman Samarinda, MInggu (23/5).

Hadir selaku penceramah, Al Habib Soleh Alhabsy dari Jakarta dengan kajian subuh bertema "Mempertahankan dan Meningkatkan Kefitrian".

Dalam tausiyahnya saat gerakan salat Subuh berjamaah ini, Habib Soleh Alhabsy mengajak jamaah dan seluruh umat muslim untuk selalu taat kepada perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, serta mengikuti sunah Rasulullah Muhammad SAW.

"Sehingga kita benar-benar menjadi hamba yang takwa, dan selalu mendapat keridaan Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, serta memperoleh syafa'at Baginda Rasulullah SAW," ucapnya.

Baca juga: Awal Juni, Gubernur Akan Resmikan Underpass dan Panen Cabai di Kutai Barat

Bulan suci Ramadan, lanjutnya, telah mendidik dan mengajarkan kepada setiap diri umat Islam, bagaimana menjadi pribadi-pribadi yang mampu melawan hawa nafsu (berpuasa), sembari terus meningkatkan cinta beramal ibadah serta meninggikan rasa peduli kepada sesama melalui infak dan sedekah.

"Di siang hari kita berpuasa, malamnya kita salat malam (tarawih), membaca Alquran setiap saat, serta ringan hati berinfak dan sedekah," ujarnya.

Baca juga: Gelar Ekspose Hasil Audit, Seksi I Jalan Tol Lanjut ke BPJT

Menurut ia, inilah ajaran atau kebiasaan yang baik selama Ramadan dan harus tetap dilakukan di luar Ramadan.

"Ramadan melatih kita, mengajari kita agar keluar dari Ramadan, kita menjadi insan yang bersih dari dosa dan meningkat ubudiah-nya, sehingga terbentuk hamba yang fitrah atau fitri. Status ini yang harus kita pertahankan, bahkan ditingkatkan pada bulan-bulan berikutnya," pungkasnya.

Tampak hadir Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kaltim yang juga Ketua Ta'mir Masjid Nurul Mu'minin Pemprov Kaltim, HS Fathul Halim serta jajaran pengurus Masjid Nurul Mukminin, serta ratusan jamaah salat Subuh. (yans/sdn/sul/adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved