Breaking News:

Berita BPJS Kesehatan

Permudah Akses Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Lakukan Optimalisasi Layanan PRB

Layanan Program Rujuk Balik (PRB) dapat dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memudahkan mendapat

HO/BPJS Kesehatan
Pertemuan koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan perwakilan apotek di Kabupaten Berau sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kualitas layanan Program Rujuk Balik. 

TRIBUNKALTIM.CO – Layanan Program Rujuk Balik (PRB) dapat dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memudahkan mendapatkan obat rutin.

Dengan adanya PRB, peserta JKN-KIS tidak perlu lagi antre dan datang ke rumah sakit untuk mendapatkan obat rutinnya.

Peserta cukup mengakses apotek yang ditunjuk untuk mengambil obat.

Program tersebut merupakan upaya dari BPJS Kesehatan untuk meningkatkan dan memudahkan akses layanan bagi peserta JKN-KIS.

Baca juga: Berkat BPJS Kesehatan, Keluarga Menjadi Tenang Berobat dengan Kartu JKN-KIS

Dalam pertemuan koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan perwakilan apotek di Kabupaten Berau, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Berau Johansyah menyebutkan, pihaknya melakukan koordinasi sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kualitas layanan PRB.

Diharapkan, apotek yang bekerja sama dapat menjalankan program itu dengan baik dan peserta JKN-KIS pun dapat merasakan manfaatnya.

“Kita bersama-sama dengan stakeholder mengupayakan agar adanya peningkatan peserta JKN-KIS yang memanfaatkan layanan PRB ini. Diharapkan kemudahan dapat dirasakan oleh peserta JKN-KIS, terutama untuk peserta yang memiliki penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, asma, penyakit paru, epilepsi, stroke, lupus dan schizophrenia. Kami juga mengimbau kepada seluruh peserta yang mengonsumsi obat rutin untuk dapat mengakses layanan PRB ini, sehingga tidak perlu lagi untuk datang ke rumah sakit. Selain itu, kami juga meminta bantuan kepada fasilitas kesehatan untuk menginformasikan hal ini kepada seluruh peserta,” ujar Johansyah, Selasa (27/04).

Sebagai informasi, jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Berau ada sebanyak 182.975 peserta dengan jumlah fasilitas kesehatan sebanyak 46 fasilitas kesehatan, terdiri dari rumah sakit, dokter praktik perorangan, klinik, dan puskesmas.

Baca juga: Segudang Manfaat Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan

Sementara itu, salah satu perwakilan apotek yang hadir, Bayu Okta Windra menyebutkan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS.

“Kami juga akan mendukung terkait layanan PRB ini. Selain itu, kami juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS agar melanjutkan pengobatannya di fasilitas kesehatan tingkat pertama, sehingga kesehatannya stabil dan tentunya akses layanan menjadi lebih mudah tidak perlu lagi ke rumah sakit,” ujar Bayu Okta Windra. (*)

Editor: Diah Anggraeni
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved