Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Pencurian Motor di Samarinda Terekam Kamera CCTV, Polisi Berikan Tips

Tips yang diberikan ditambahkan AKP Annissa Prastiwi, yaitu menggunakan kunci ganda, menempatkan kendaraan bermotor di tempat yang aman

Editor: Faizal Amir

TRIBUNKALTIM.CO- Baru-baru ini aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) semakin marak dan sempat terekam kamera tersembunyi atau CCTV.

Kejadian ini diketahui terjadi pada 1 Juni 2021 di kawasan Jalan Suwandi, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Pelaku curanmor sukses menggasak motor incaran dari parkiran dengan waktu yang singkat.

Merajalelanya aksi curanmor membuat Polisi berbagi tips agar terhindar dari kehilangan motor.

Baca juga: NEWS VIDEO Nadiem Makarim Ingin Lakukan Pembelajaran Tatap Muka, Kemendikbudristek Luncurkan Panduan

"Kami juga sudah melakukan sosialisasi Kamtibmas di kawasan Kota Samarinda, juga kepada masyarakat langsung lewat forum-forum memberikan tips aman agar kendaraan tidak hilang dengan memberi pengamanan pribadi," tegas Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman melalui Kasubbag Humas Polresta Samarinda AKP Annissa Prastiwi, Jumat (4/6/2021) hari ini.

Tips yang diberikan ditambahkan AKP Annissa Prastiwi, yaitu menggunakan kunci ganda, menempatkan kendaraan bermotor di tempat yang aman, bila perlu gembok cakram untuk roda dua dipasang.

Alat tambahan untuk pengunci setir mobil yang memang tidak mudah dilakukan pencurian.

"Para pelaku pencurian dalam melakukan aksinya di depan (teras) rumah dan toko-toko," ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, perlu penambahan alat teknologi informasi yaitu sistem GPS di kendaraan, yang fungsinya pemilik bisa memasangnya melalui bengkel resmi dan ketika terjadi pencurian bisa terlacak melalui alat tersebut.

"Hal ini memang harus dipersiapakan oleh para pemilik kendaraan. GPS juga bisa terpasang guna memudahkan posisi motor kendaraan tersebut berada,” tegasnya.

Selain dari persiapan safety kendaraan yang harus disiapkan, tentunya juga hati-hati dengan barang-barang berharga yang dibawa seperti jaket atau helm.

"Kalau barang penting seperti uang tunai, dompet atau perhiasaan sebisa mungkin jangan menaruh di jok. Aksi kejahatan lain bisa terjadi dengan mencongkel jok motor anda," pungkas AKP Annissa Prastiwi.(*)

Berita Regional

Berita Video

Editor: TribunKaltim.co/Fz
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved