Breaking News:

Gelar One Stop Training, PKT Bekali Pelaku UKM Bontang Kembangkan Potensi Laut dan Perikanan

Optimalkan peluang sektor perikanan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar One Stop Training bagi 30

HO/PKT
PT Pupuk Kalimantan Timur saat menggelar One Stop Training di Sekretariat Himpunan Pembudidaya Perikanan Kelautan Bontang Kuala, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Optimalkan peluang sektor perikanan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar One Stop Training bagi 30 mitra binaan dari pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bontang.

Kegiatan yang  bekerja sama dengan Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia dan Kencana Wahana Hasil Bahari dari Surabaya digelar di Sekretariat Himpunan Pembudidaya Perikanan Kelautan (HPPK) Bontang Kuala, Selasa (8/6/2021).

VP CSR PKT Anggono Wijaya mengungkapkan, One Stop Training menyasar pelaku UKM agar dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, maupun pengembangan produk baru agar potensi lokal lebih mampu bersaing di pasar global.

“Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari (8-10/6/2021), peserta terdiri dari mitra binaan PKT di wilayah pesisir seperti Bontang Kuala, Tanjung Limau, Pulau Gusung, Malahing, Loktuan dan Guntung,” ujar Anggono.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Nelayan Binaan, PKT Bekali Teknik Transplantasi Terumbu

Pelatihan mencakup pemilihan bahan baku dari sektor kelautan untuk selanjutnya diolah menjadi berbagai jenis produk dengan beragam variasi.

Peserta juga dibekali tata cara packaging yang menarik hingga pemasaran produk secara offline maupun digital.

Melalui One Stop Training, mitra binaan diharap mampu meningkatkan kemampuan untuk memperluas dan mengenalkan produk dengan baik, sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

“Peserta diharapkan dapat menularkan ilmu selama pelatihan bagi pelaku UKM lainnya, sehingga UKM Bontang semakin maju dengan pengembangan berbagai potensi produk lokal,” tambah Anggono.

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Syamsu Wardi mengapresiasi kesinambungan pembinaan PKT bagi pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing melalui beragam produk.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Petani hingga 1,5 Kali Lipat, PKT Gandeng Distan Kaltara Lewat Agrosolution

Besarnya potensi hasil laut Bontang sudah sepatutnya didukung peningkatan SDM yang memadai, sehingga dapat menghasilkan beragam produk turunan dari bahan baku yang tersedia.

Halaman
12
Editor: Diah Anggraeni
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved