Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Kaltara Bakal Punya Pengadilan Tinggi Agama, Baleg DPR RI Sambang ke Kota Tarakan

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kaltara tepatnya ke Kota Tarakan, Kamis (10/6/2021).

TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Pertemuan Tim Baleg DPR RI dalam rangka membahas pembentukan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) di Provinsi Kaltara, Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Kamis (10/6/2021). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kaltara tepatnya ke Kota Tarakan, Kamis (10/6/2021).

Kunjungan Tim Baleg DPR RI dalam rangka percepatan pembentukan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) di Provinsi Kaltara, selain Papua Barat, Kepulauan Riau dan Sulawesi Barat.

Empat wilayah ini dalam proses perjalanan pembentukan PTA dan ditarget tahun depan sudah bisa selesai pembahasan, sekaligus pengesahan UU PTA Provinsi Kaltara.

H. Ibnu Multazam, Ketua Delegasi atau Wakil Ketua Baleg DPR RI mengatakan, terkait urgensi pembentukan PTA, hal itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang maksimal dan memudahkan serta mengurangi biaya.

"Karena seperti Kaltara, ada kunker dengan Pemprov Kaltara serta stakeholder, kami menerima masukan bahwa dengan PTA yang saat ini berada di Samarinda, ongkosnya tinggi dan tidak efektif serta efisien," jelasnya.

Baca juga: Selain Tarakan dan Nunukan, Gubernur Zainal Ingin SPBE Baru Akomodir 3 Wilayah Lainnya di Kaltara

Padahal, lanjutnya, peradilan fungsinya cepat dan efektif serta efisien.

Sehingga pihaknya menyampaikan informasi bahwa ini akan segera dibentuk UU untuk pembentukan PTA.

"Alhamdulillah masyarakat Kaltara menyambut baik dan setuju semua untuk segera dibuatkan UU Tentang Pembentukan PTA Provinsi Kaltara," bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan PTA, Pemprov Kaltara diharapkan membantu menyiapkan tempat atau lokasi sejak awal.

Halaman
12
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved