Virus Corona di Samarinda

UPDATE Virus Corona di Samarinda, Kasus Covid-19 Terkendali, Kapasitas Rumah Sakit Mencukupi

Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda melalui kepala dinasnya, Ismed Kusasih membeberkan soal kasus Covid-19 di Kota Samarinda

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI
KASUS CORONA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismid Kusasih diwawancarai di lokasi Vaksinasi massal memutus rantai covid 19 di Mahavihara Sejahtera Maitreya Buddhist Centre Kaltim di Jalan D.I Panjaitan, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda Kalimantan Timur, Senin (14/6/2021) pagi. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda melalui kepala dinasnya, Ismed Kusasih membeberkan soal kasus Covid-19 di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur

Dalam perkembangannya, kasus Covid-19 di Kota Samarinda sejauh ini cenderung melandai dan dapat terkendali.

Itu disampaikan dalam acara pembukaan kegiatan vaksinasi massal di Buddhist Centre Kaltim, pada Senin (14/6/2021).

Ismed mengungkapkan kasus harian Covid-19 di Kota Samarinda saat ini tidak separah seperti yang terjadi di pulau Jawa ataupun Sumatera.

Baca Juga: Cegah Pungli dan Premanisme di Titik Rawan Samarinda, Polisi Rutin Patroli Dialogis dan Silaturahmi

"Kita patut bersyukur, kasus Covid-19 di kota Samarinda saat ini tidak mengalami lonjakan yang berarti, tapi kita harus tetap waspada, namun bisa dipastikan dalam tiga atau empat minggu ini, kasus Covid-19 di kota Samarinda akan terus melandai," ujar Kadinkes Kota Samarinda kepada Tribunkaltim.co.

Ismed menyebutkan, beberapa variabel yang menandai kasus Covid - 19 cenderung dapat terkendali. 

Yaitu berdasarkan positive rate Kota Samarinda yang berada di bawah angka nasional dan angka kesembuhan yang juga berada di atas angka nasional.

Selain itu, Ismed juga mengatakan yang terpenting adalah kapasitas tempat tidur rumah sakit yang masih berada dalam jumlah yang mencukupi untuk menangani pasien-pasien Covid-19.

Baca Juga: Momen Magnificient 7 Hotel Amaris Samarinda di Tengah Pandemi Covid-19, Semangat Juang dan Sehat

"Kapasitas tempat tidur rumah sakit kita saat ini masih cukup banyak, jumlah kapasitas yang terpakai masih di bawah 60 persen, kalau standarnya dari WHO tidak boleh di atas 60 persen," terang Ismed.

Saat ini melalui program vaksinasi massal yang digalakkan, Dinkes kota Samarinda beserta jajaran Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Kota Samarinda dan juga dukungan dari TNI/Polri sedang mengupayakan percepatan Herd Immunity.

Berdasarkan instruksi Kapolri pada dua Minggu lalu untuk mempercepat Herd Immunity, Ismed menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan perangkat yang ada berusaha menindak lanjuti arahan tersebut agar kekebalan populasi di kota Samarinda dapat segera tercapai.

Ia menargetkan, melalui vaksinasi massal yang diadakan di seluruh kecamatan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, secara serentak mulai esok hari, Selasa (15/6/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved