Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdikbud dan Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Mentorship Fasilitator

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui prog

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Kegiatan pelatihan mentorship fasilitator garapan Disdikbud Kutai Barat bekerja sama dengan Yayasan Bhakti Tanoto Fondation di gedung ATJ Komplek perkantoran Pemkab Kutai Barat. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui program pintar penggerak Kabupaten Kutai Barat.

Upaya tersebut dilakukan berkerja sama dengan Yayasan Bhakti Tanoto Fundation yang sekaligus juga melaksanakan Pelatihan Mentorship Fasilitator di Balai Agung Aji Tullur Jejangkat (ATJ) Setdakab Kutai Barat.

Kegiatan Pelatihan Mentorship Fasilitator ini diikuti para pengawas, kepala sekolah dan guru yang sudah lolos seleksi dari 65 sekolah mitra terdiri dari 40 sekolah Dasar (SD) dan 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kutai Barat Yakobus Yamon mengatakan, Pendidikan di Kutai Barat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga stakeholder.

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Barat telah berkerja sama dengan Yayasan  Bhakti Tanoto Fundation.

Baca juga: Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Kubar Segera Dibangun di Long Iram, Dianggarkan Rp 1,5 M

Para pelatih dan pendamping ini nanti menjadi ujung tombak dalam pendidikan di masing-masing sekolah dan didukung oleh Dinas Pendidikan.

Kehadiran Tanoto Foundation ini sebagai suplemen baru dalam upaya meningkatkan pendidikan di Kutai Barat.

“Melalui  pelatihan ini para pelatih dan pendamping dapat mengikuti dan dapat menggali ilmu dari nasasumber sehingga dapat berdampak bagi anak didik di Kutai Barat,” ujarnya, Rabu (16/6/2021).

Dia menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan relevansi pembelajaran pendidikan dasar, meningkatkan mutu kepemimpinan dan manajemen pendidikan bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah serta membangun kapasitas pihak-pihak terkait termasuk keterlibatan orang tua, lembaga pendidikan dan guru di Kabupaten Kutai Barat.

Dengan adanya pelatih dan pendamping dapat pula meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, matematika dan sains, dengan materi pelatihan mencakup pembelajaran, pengelolaan sekolah, pengaktifan kelompok kerja guru, kepala sekolah dan pemantauan dampak.

"Kita akan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kutai Barat," ucapnya. (*)

Berita tentang Kubar

Penulis: Zainul Marsyafi | Editor: Rahmad Taufiq

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved