Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City, Sekdakab Harap Kutai Barat Jadi Kota Cerdas

Kegiatan Bimtek masterplan smart city ini digelar di Kantor BP3D Kutai Barat yang dibuka langsung oleh Sekdakab Kutai Barat, Ayonius. 

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Sekdakab Kutai Barat, Ayonius saat menerima buku profile materi Masterplan Smart City kepada usai membuka kegiatan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City, Selasa (22/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) penyusuan masterplan Smart City pada Selasa (22/6).

Kegiatan Bimtek masterplan smart city ini digelar di Kantor BP3D Kutai Barat yang dibuka langsung oleh Sekdakab Kutai Barat, Ayonius. 

Ayonius menjelaskan, Smart city merupakan salah satu konsep pengembangan Kota/Kabupaten, berdasarkan prinsip teknologi informasi yang dibuat untuk kepentingan bersama secara efektif dan efisien.

Dalam penerapan konsep smart city, terdapat beberapa unsur yang perlu dikembangkan, diantaranya adalah smart government.

Baca juga: Karhutla di Kutai Barat Melanda Puluhan Hektare, Pemkab Kubar Gelar Rakor

"Dengan disusunnya masterplan Smart City yang konfrenship dan aplikatif di Kutai Barat yang berisi smart city untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang," jelas Ayonius. 

Lebih lanjut dia menjelaskan Smart government ini memiliki prinsip dasar yang dijadikan acuan, dalam penerapan konsep smart city atau smart regency dengan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.

Yakni  mengembangkan dan meningkatkan managemen organisasi, sumberdaya manusia, dan infrastruktur yang meliputi sistem database yang dapat diakses secara umum seperti mengolah informasi data yang up-to-date (realtime) dengan teknologi yang mutakhir dan adanya koordinasi antara stakeholders.

Menurutnya, Bimtek penyusunan masterplan Smart City dan Quick Win  merupakan salah satu program unggulan Kabupaten/Kota pada kawasan Pariwisata Perioritas Nasional dan kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Sehingga melalui kegiatan tersebut, dirinya minta tim pelaksana teknis dapat memabhasnya secara tuntas dan berharap, selain menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, ke depan Kutai Barat juga menjadi salah satu kota cerdas di Indonesia. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, TP PKK Kubar Imbau Masyarakat Tidak Lengah Meski Sudah Divaksin

"Dengan penyusunan masterplan smart city ini juga tim pelaksana teknis dapat membahas dengan tuntas dan menghasilkan dokumen, yang berkualitas sehingga dapat menjadi acuan suksesnya pembangunan Kutai Barat yang kelak akan menjadi kota cerdas," harapnya.

Dalam kegiatan juga langsung diberikan buku profil materi tentang materi penyusunan masterplan smart city dari tim pelaksana teknis.

Rencananya kegiatan ini akan digelar selama dua hari ke depan dengan menghadirkan tenaga ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Dewan Semart City dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Kutai Barat. (*)

Berita tentang Kubar

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved