Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Karhutla di Kutai Barat Melanda Puluhan Hektare, Pemkab Kubar Gelar Rakor

Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat atau Kubar, Provinsi Kalimantan Timur, masih terbilang rawan.

Penulis: Zainul | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Rapat koordinasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (21/6/2021). Kebakaran hutan dan lahan pada 2021, sejauh ini sudah mencapai puluhan hektare. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat atau Kubar, Provinsi Kalimantan Timur, masih terbilang rawan.

Bahkan dari data yang dihimpun petugas gabungan, hingga memasuki pertengahan tahun 2021 ini, kasus karhutla di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, sudah mencapai area seluas 22,5 hektare.

Guna mengantisipasi terjadinya perluasan Karhutla tersebut, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama stakeholder menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Karhutla pada Senin (21/6/2021).

Rapat koordinasi yang berlangsung di Gadung Auditorium ATJ Komple Perkantoran Pemerintahan Kubar itu dibuka langsung oleh Bupati Kubar, FX Yapan.

Baca juga: Dukung Program Pencegahan Karhutla Pemerintah, PT KSD Beri Penghargaan ke 3 Kampung di Kutai Barat

Serta dihadiri Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo, Plt. Kepala BPBD Henderman Supanji, Perwakilan TNI, Kejaksaan Negeri, Lembaga Adat Besar Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, Kampung dan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan di wilayah Kutai Barat .

Bupati FX Yapan menegaskan bahwa rakor ini merupakan langkah Evaluasi skaligus persiapan menghadapi bencana Karhutla ke depan, mengingat Kabupaten Kutai Barat memiliki resiko kebakaran hutan dan lahan cukup tinggi dan terjadi hampir setiap tahun.

Berdasarkan data dari BPBD Kutai Barat bahwa tahun 2021 ini telah terjadi kebakaran, baik hutan maupun lahan dengan luas kurang lebih 22,5 hetare.

Tersebar di empat kecamatan yakni:

Damai

Muara Lawa

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved