Breaking News:

Ibu Kota Negara

Dukung Pembangunan IKN, Uniba Lakukan Talk Show Antarlembaga Pendidikan Perguruan Tinggi

Dalam rangka persiapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, Universitas Balikpapan gelar talk show virtual bertajuk Mengawal dan Menata IKN Baru

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA
Tangkapan layar kegiatan webinar Mengawal dan Menata IKN Baru di Sepaku dan Samboja Kaltim, Selasa (6/7/21). Kegiatan ini diselenggarakan Universitas Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka persiapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, Universitas Balikpapan gelar talk show virtual bertajuk Mengawal dan Menata IKN Baru di Sepaku dan Samboja Kaltim, Selasa (6/7/21).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Yapenti DWK, Dr. Rendi Susiswo, Gubernur Kaltim, Dr Ir H Isran Noor, Bupati PPU, H Abdul Gafur Mas'ud, Direktur Jenderal Dikti, Prof Ir Nizam,

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr Ir Heru Dewanto, Rektor Universitas Mulawarman, Prof Dr H. Masjaya,

Rektor Universitas Bosowa, Prof Dr Ir H. Muhammad Saleh Pallu, dan Rektor Universitas Balikpapan, Dr Ir Isradi Zainal.

Dalam webinar ini, Dr Rendi Susiswo mengatakan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi rencana pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Ia pun yakin jika pilihan tersebut tentu telah melewati berbagai kajian mendalam oleh pemerintah dan sektor terkait.

Baca juga: Ibu Kota Negara di Kaltim, Gubernur Isran Noor Singgung Balikpapan jadi Petrokimia Terbesar di Dunia

"Kita semua tahu, bahwa pemindahan ini jika dikaji lewat aspek geopolitik dan geostrategis, tentu akan sangat menguntungkan. Terutama dalam hal pemerataan pembangunan di Kalimantan," ujarnya.

Ia mengatakan jika kini rencana strategis pembangunan yang disajikan oleh BAPPENAS, Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota terkait kawasan penyangga, telah menjadi rujukan dalam strategi pembangunan daerah di Kaltim.

Kendati berbagai persiapan telah dilakukan, ia menyadari jika proses pemindahan tersebut tentu tidak semudah yang dibayangkan.

"Kendala ini imbas dari pandemi covid-19 yang telah menyedot anggaran yang tidak sedikit. Harapan kami, Gubernur Kaltim dapat mengonsolidasi potensi serta kekuatan yang ada di Kaltim, khususnya Perguruan Tinggi, guna mempercepat proses pembangunan IKN ini," kata Dr. Rendi.

Baca juga: Pemerintah Pusat Bakal Bangun Jaringan Air untuk Rumah Jabatan di Kawasan Ibu Kota Negara

Dalam hal ini, ia mengungkapkan jika Uniba telah beberapa kali menginisiasi webinar untuk tukar pendapat guna mempercepat komitmen pemindahan IKN, khususnya dari kacamata pendidikan Perguruan Tinggi.

Menurutnya terlepas dari rancangan yang telah disusun oleh BAPPENAS, masih terdapat banyak ruang dan kesempatan bagi tenaga pendidik untuk secara aktif turut serta dalam menyempurnakan rancangan tersebut.

"Mari, kami mengajak seluruh kalangan pendidik untuk ikut andil dalam evaluasi dan penyempurnaan rencana serta strategi yang telah disusun oleh BAPPENAS, guna mendukung pembangunan IKN," pungkasnya.

Berita tentang Kalimantan Timur

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved