Breaking News:

Otomotif

Masih Banyak yang Salah Paham, Inilah Perbedaan Antara Jalur dan Lajur di Jalan Raya

Nah, kali ini kita akan membagikan pengertian jalur dan lajur agar masyarakat enggak ketukar lagi dalam menggunakan kata tersebut.

Editor: Diah Anggraeni
uspirg.org via TribunTravel
Kata jalur dan lajur tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Meski demikian, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan arti keduanya. Yuk, cari tahu! 

TRIBUNKALTIM.CO - Kata jalur dan lajur tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Meski demikian, masih banyak yang salah paham karena belum mengetahui perbedaan jalur dan lajur.

Jalur dan lajur memang terkesan sama, namun sebenarnya memiliki arti berbeda.

Nah, kali ini kita akan membagikan pengertian jalur dan lajur agar masyarakat enggak ketukar lagi dalam menggunakan kata tersebut.

Baca juga: Apakah Spion Bukan Orisinal Dikenakan Tilang? Yuk, Cari Tahu Standardisasinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jalur memiliki banyak arti seperti (1) kolom yang lurus; garis lebar; setrip lebar; (2) ruang di antara dua garis pada permukaan yang luas.

Berarti mengacu pada kedua definisi tersebut, jalur bisa diartikan sebagai bagian jalan yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan.

Lalu, lajur adalah bagian jalur yang memanjang dengan atau tanpa marka jalan, yang memiliki lebar cukup untuk satu kendaraan bermotor sedang berjalan selain sepeda motor.

Bingung? Begini pengibaratannya, tiap jalan biasanya memiliki dua jalur yaitu jalur menuju (tempat kamu mengemudikan kendaraan) dan jalur dari arah lain.

Sedangkan jalan satu arah tentu memiliki hanya satu jalur.

Kalau lajur, contoh paling gampang melihat di jalan tol. Biasanya punya beberapa lajur dalam satu jalur, tapi seringnya sih dua lajur yaitu lajur cepat dan lajur lambat.

Ilustrasi perbedaan jalur dan lajur.
Ilustrasi perbedaan jalur dan lajur. (Kolase GridOto.com)

Sayangnya seringkali ditemui kesalahan penggunaan bahasa jalur dan lajur di jalan tol sebab yang diterapkan adalah jalur cepat dan jalur lambat.

Harusnya kalau mau mengikuti Bahasa Indonesia yang baik dan benar, istilah tersebut harus diubah menjadi lajur cepat (lancar) dan lajur lambat seperti foto utama di atas.

Baca juga: Knalpot Racing Motor Berbahan Titanium Berkerak? Ternyata Solusinya Mudah dan Enggak Ribet Lho

Sekarang sudah mengerti ya bedanya? Semoga tidak salah lagi, Sob!

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Belum Banyak yang Tahu Perbedaan Jalur dan Lajur, Jangan Sampai Salah Ya!, https://www.gridoto.com/read/222804755/belum-banyak-yang-tahu-perbedaan-jalur-dan-lajur-jangan-sampai-salah-ya.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved