Breaking News:

Otomotif

Penggolongan SIM C Berlaku Mulai Agustus 2021, Berikut Tanggapan Produsen Motor Viar

Mulai Agustus 2021, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) rencananya akan menerapkan penggolongan surat izin mengemudi (SIM) C.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Rizky
Polri rencananya akan menerapkan penggolongan SIM C menjadi tiga bagian mulai Agustus 2021. Hal ini pun mendapat tanggapan beragam, salah satunya dari produsen motor, Viar Motor Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Mulai Agustus 2021, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) rencananya akan menerapkan penggolongan surat izin mengemudi (SIM) C.

Sesuai Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penertiban dan Penandaan Surat Izin Mengemudi atau SIM, penggunaan SIM C akan digolongkan berdasarkan kapasitas mesin dan daya motor listrik.

Disebutkan bahwa SIM C akan digolongkan ke dalam tiga bagian.

Baca juga: Wajib Dibawa saat Berkendara, Inilah Arti Singkatan di STNK Mulai BBN KB hingga SWDKLLJ

Pertama, SIM C berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor (ranmor) jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc.

Kedua adalah SIM CI berlaku untuk mengemudikan ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc atau ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Terakhir, SIM CII untuk mengemudikan ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Menanggapi hal itu, Marketing Communication Viar Motor Indonesia yang juga produsen motor listrik Frengky Osmond mengatakan, tentunya akan berat jika penggunaan SIM C1 baru diperbolehkan setelah memiliki sim C selama satu tahun.

"Karena jika mencontoh luar negeri saja, misalnya Vietnam, justru penggunaan kendaraan listrik direkomendasikan untuk anak sekolah," kata Frengky kepada GridOto.com, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Ingin Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan Motor Matic? Berikut Daftar Harganya, Mulai dari Rp 40 Ribuan

Menurut Frengky, rata-rata motor listrik yang beredar di Indonesia memiliki kecepatan di bawah 100 km/jam.

"Jadi kami rasa belum waktunya jika motor listrik harus menggunakan klasifikasi SIM," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Penggolongan SIM C Berlaku untuk Motor Listrik, Viar Beri Tanggapan Begini, https://www.gridoto.com/read/222812472/penggolongan-sim-c-berlaku-untuk-motor-listrik-viar-beri-tanggapan-begini.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved