Breaking News:

Rumah Sakit Sepaku Telah Dibuka, Siap Melayani Peserta JKN-KIS

Terpilihnya Kelurahan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menjadi lokasi ibu kota negara (IKN) baru membuat seluruh jajaran Pemkab PPU memper

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Rumah Sakit Umum Daerah Sepaku telah diresmikan pada Kamis (5/8/2021) lalu. Rumah sakit ini memiliki 23 tempat tidur dewasa dan 10 tempat tidur anak. 

TRIBUNKALTIM.CO - Terpilihnya Kelurahan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menjadi lokasi ibu kota negara (IKN) baru membuat seluruh jajaran Pemkab PPU mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan.

Salah satunya fasilitas kesehatan, yang mana Pemkab PPU pada Kamis (5/8/2021) lalu telah meresmikan rumah sakit di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Jansje Grace Makisurat mengungkapkan, pihaknya masih dalam tahap persiapan memberikan pelayanan.

Harapannya, rumah sakit ini dapat terus meningkatkan sarana dan prasaranannya, sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaatnya.

"Tentunya kami akan mempersiapakan segala sarana dan prasarananya, baik itu dalam melakukan kerja sama dengan dokter atau kelengkapan lainnya. Hal itu juga yang akan dipersiapkan untuk nantinya akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sambil menunggu itu juga, rumah sakit ini akan melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan Covid-19. Untuk banyaknya masyarakat yang dapat memanfaatkan ini, tergantung nanti berapa banyak jumlah ruang inap atau pelayanan lainnya yang tersedia," ujar Grace.

Baca juga: Ini Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online, Download Aplikasi Mobile JKN

Saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku memliki 23 tempat tidur dewasa dan 10 tempat tidur anak.

Rumah sakit tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti peralatan USG tiga dimensi, inkubator, laboraturium, dan tiga dokter yang bertugas.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto menyambut baik pembukaan RSUD Sepaku ini.

Dirinya menyebutkan, nantinya akses layanan kesehatan akan semakin banyak yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kita sangat menyambut baik dengan diresmikannya rumah sakit umum daerah sepaku ini. Tentunya dengan adanya rumah sakit ini dapat menambah fasilitas kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat juga. Selanjutnya, kami juga siap untuk melakukan kerja sama dengan rumah sakit dalam melaksanakan program JKN-KIS. Tentunya dengan proses dan tahapan yang akan dilakukan terlebih dahulu. Kami berharap, segera dapat melakukan kerjasama sehingga masyarakat yang sudah memiliki kartu JKN-KIS dapat mengakses layanan kesehatan secara gratis," ujar Sugiyanto.

Baca juga: Peduli Satu Sama Lain, Peserta Asal Balikpapan Ajak Masyarakat untuk Daftar Program JKN-KIS

Sebagai informasi, jumlah peserta JKN-KIS yang berada di PPU ada sebanyak 176.322 yang terdiri dari 131.566 dari sektor peserta penerima bantuan iuran dan 44.756 dari sektor peserta non penerima bantuan iuran. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved