Breaking News:

Tak Perlu ke Kantor Cabang, Kini Kartu JKN-KIS Diantarkan Langsung ke Rumah

Layanan administrasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin dipermudah.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam hal pendistribusian kartu peserta program JKN-KIS, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Layanan administrasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin dipermudah.

Kini peserta JKN-KIS tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk mendapatkan Kartu JKN-KIS-nya.

Pasalnya, BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam hal pendistribusian kartu peserta program JKN-KIS, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Wujud Kepedulian Sosial, Tiga Fasilitas Kesehatan di Balikpapan Berikan Donasi ke Peserta JKN-KIS

Layanan ini dinilai sangat efektif dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat, apalagi pada kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan masyakarat untuk tetap di rumah.

Pada kegiatan koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan PT Pos Indonesia, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto menyebutkan, masyarakat yang baru mendaftar dan peserta JKN-KIS yang belum memiliki Kartu JKN-KIS akan difasilitasi dengan layanan ini.

Masyarakat tak perlu lagi ke kantor cabang, cukup menunggu di rumah masing-masing.

"Ini salah satu upaya kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Bagi masyakarat yang belum mendaftar menjadi peserta JKN-KIS dan bagi peserta yang belum memiliki Kartu JKN-KIS akan difasilitasi dengan layanan ini. Masyarakat cukup mengakses kanal layanan online yang disediakan oleh BPJS Kesehatan seperti aplikasi Mobile JKN, layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatapps) dan Care Center 1500400. Tentunya setelah masyarakat melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran pertama, kartunya langsung kami kirimkan ke rumah masing-masing peserta. Saya juga mengapresiasi atas kerja sama PT. Pos Indonesia yang telah membantu dalam menjalakan layanan ini," ujar Sugiyanto.

Sebagai informasi, jumlah peserta JKN-KIS di Kota Balikpapan ada sebanyak 733.820 jiwa yang terdiri dari 108.884 jiwa dari segmen penerima bantuan iuran dan 624.936 jiwa dari segmen bukan penerima bantuan iuran.

Baca juga: Rumah Sakit Sepaku Telah Dibuka, Siap Melayani Peserta JKN-KIS

Sementara itu, PT Pos Indonesia yang diwakili Kepala Kantor Pos Balikpapan, Taufik Dadi Marala mengungkapkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kepada masyakarat.

Beberapa fasilitas akan diberikan kepada peserta JKN-KIS.

"Kami dengan BPJS Kesehatan tentunya akan berkoordinasi untuk melakukan pelayanan ini. Kita juga sudah menyiapkan fasilitas tracking pengiriman Kartu JKN-KIS yang dapat dicek melalui website resmi PT Pos Indonesia dengan memasukan nomor kartu peserta. Jadi, masyarakat bisa mengecek status pengiriman sendiri sehingga tanpa harus datang ke kantor. Selain itu, kami juga berupaya untuk memberikan pengiriman yang lebih cepat dalam layanan ini," ujar Taufik. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved