Berita Kaltara Terkini

Zainal Paliwang Janjikan Beasiswa bagi Mahasiswa Lulusan Terbaik di Perguruan Tinggi Kaltara

Di momen peresmian gedung Universitas Terbuka pada Senin (23/8/2021) kemarin, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang memberikan kabar gembira bagi mahasiswa

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Gubernur Kaltara, Drs Zainal Arifin Paliwang. Ia mengemukakan, nantinya bagi lulusan S1 terbaik dan meraih predikat cumlaude akan diberikan beasiswa. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Di momen peresmian gedung Universitas Terbuka pada Senin (23/8/2021) kemarin, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang memberikan kabar gembira bagi mahasiswa.

Ini berlaku untuk mahasiswa yang saat ini sedang proses menyelesaikan pendidikan strata 1 (S1) dan strata 2 (S2), baik di Universitas Terbuka, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Kaltara dan perguruan tinggi lainnya.

Zainal Paliwang mengemukakan, nantinya bagi lulusan S1 terbaik dan meraih predikat cumlaude akan diberikan beasiswa.

“Saya akan berikan beasiswa. Ini berlaku untuk semua fakultas di universitas atau perguruan tinggi di Kaltara,” ujarnya.

Mereka yang sudah menamatkan pendidikan S1, bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2.

Baca juga: Webinar Universitas Borneo Tarakan, RISE Programme Beber Pembelajaran Jarak Jauh jadi Tantangan

Begitu juga yang menamatkan S2 bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yakni S3.

“Misalnya di UBT, ada yang cumlaude, bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi,” beber Zainal Paliwang.

Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof Adri Patton menyambut dan mengapresiasi atas janji yang disampaikan Gubernur Kaltara.

Ia menyampaikan, dengan adanya beasiswa ini bisa memotivasi mahasiswa agar bisa semangat menyelesaikan pendidikannya.

“Ini suatu hal yang langka dan ini komitmen beliau membangun SDM unggul,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, di Universitas Borneo Tarakan selama kepemimpinannya memberikan kesempatan kepada staf di UBT untuk melaksanakan izin belajar.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Terbuka, Rahmat mengungkapkan terima kasih atas janji yang disampaikan Gubernur Kaltara.

“Kami sangat menyambut baik bahwa akan berikan beasiswa kepada lulusan terbaik. Ini adalah ide luar biasa, komitmen tinggi untuk membangun daerah Kaltara,” tutur Rahmat

Ia menambahkan, salah satu upaya memajukan daerah adalah terletak di sektor pendidikan, seperti prinsip yang diungkapkan Nelson Mandela.

“Terima kasih banyak untuk Pak Gubernur. Kami juga berharap bisa bersinergi. Dan memang sudah ada dalam pencanangan dari Pak Rektor kami, semua wajib kuliah,” ujarnya.

Mereka yang tinggal di perkotaan, pelosok, wilayah terluar tak terjangkau dan sulit mengenyam pendidikan agar bisa mengakomodir mereka sehingga bisa ikut dalam program yang dicanangkan Universitas Terbuka, yakni wajib kuliah. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved