Breaking News:

Jaga Keandalan Listrik, PLN Amankan Pasokan Batu Bara Jangka Panjang dari Tambang PTBA 

PT PLN (Persero) konsisten menjaga pasokan listrik yang andal bagi kepentingan nasional.

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN
Jajaran direksi PLN dan PT Kereta Api Indonesia saat mengunjungi tambang dan PLTU Sumsel 8 Tanjung Lalang milik PTBA di Muara Enim, 3-4 September 2021. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari MoU yang disepakati dalam menjaga pasokan batu bara dan keandalan listrik pada 19 Agustus 2021.  

TRIBUNKALTIM.CO - PT PLN (Persero) konsisten menjaga pasokan listrik yang andal bagi kepentingan nasional.

Salah satu caranya, membeli batu bara langsung dengan kontrak jangka panjang dari perusahaan pemilik tambang seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA). 

Sebagai tindak lanjut dari MoU yang disepakati dalam menjaga pasokan batu bara dan keandalan listrik pada 19 Agustus 2021,  jajaran direksi PLN, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PTBA mengunjungi tambang dan PLTU Sumsel 8 Tanjung Lalang, Muara Enim, milik PTBA pada 3-4 September 2021. 

"PLN mencari solusi mengenai pasokan energi primer salah satunya batu bara. Bagaimana PLN dapat pasokan batu bara yang andal dan bukan hanya orientasi jangka pendek tapi jangka panjang. Dengan fluktuasi harga, maka tentu saja harapan kami pasokan batu bara di masa mendatang bisa stabil," ujar Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. 

Baca juga: INILAH Cara Cek Subsidi Listrik PLN untuk Dapat Token Gratis September 2021, Bisa Lewat Aplikasi

PLN mengapresiasi PTBA dan KAI dalam mendukung pasokan energi ini.

Darmawan menjelaskan ke depan negara semakin berkembang dan membutuhkan keandalan listrik.

PLN tak bisa sendiri, dengan dukungan PTBA dan KAI, maka target memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat bisa tercapai. 

"Agar pasokan ke depan lebih andal dan harga stabil sehingga pelayanan listrik bisa lebih baik lagi, PLN memastikan pasokan batu bara dalam jangka panjang. Kolaborasi dengan PTBA ini bisa jangka panjang. Kami analisis secara teknis dan komersial juga risiko. Ini akan dilanjutkan studi bersama PLN dan PTBA dan soal pengangkutan dengan KAI," tambah Darmawan. 

Direktur Utama PTBA, Suryo Eko Hadianto sebagai tuan rumah menyambut baik kedatangan PLN dan PT KAI dalam kunjungan tersebut.

Suryo menilai bahwa sinergi yang dilakukan ketiga BUMN ini merupakan langkah create value bagi BUMN dan negara. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved