Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Kejari Kubar Musnahkan Barang Bukti dari 71 Kasus Narkoba

Berbagai jenis barang bukti tindak pidana kejahatan dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kutai Barat pada Senin (6/9/2021).

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Bupati Kubar, FX Yapan bersama Kajari Kubar, Bayu Pramesti didampingi jajaran Forkopimda melakukan pemusnahan barang bukti yang sudah inkrah dengan cara dibakar di halaman kantor Kejari Kubar pada Senin (6/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Berbagai jenis barang bukti tindak pidana kejahatan dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kutai Barat pada Senin (6/9/2021).

Seluruh barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan perkara yang sudah berkekuatan tetap (inkrah).

Pemusnahan itu dilakukan dengan cara dibakar ke dalam wadah besi di halaman Kantor Kejari Kubar yang disaksikan oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan beserta unsur Forkompimda. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Bayu Pramesti mengatakan pemusnahan barang bukti (BB) ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan penuntasan perkara. 

"Ini adalah bentuk pertanggungjawaban dan tindak lanjut penuntasan perkara yang telah ditangani oleh Kejari Kubar setelah mendapat keputusan tetap," kata Kepala Kejari Kubar, Bayu Pramesti usai kegiatan.

Baca juga: Teken MoU Dengan Samsat, Kejari Kubar Siap Beri Pendampingan Hukum

Bayu membebrkan barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari beberapa perkara, yakni 71 perkara narkotika berupa beberapa poket sabu dan pil dobel L.

Kemudian 2 perkara penganiayaan, 2 perkara senjata tajam (sajam), satu perkara pencurian dan satu perkara pemerasan dengan barang bukti berupa puluhan senjata tajam dan pakaian.

Selanjutnya 10 perkara yang melanggar undang-undang kesehatan berupa ratusan obat-obatan dan minuman yang tidak memiliki izin edar, serta 1 perkara Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU- ITE) dengan barang bukti sebuah handphone.

"Dengan pemusnahan barang bukti bersama-sama jajaran Forkopimda ini, harapan kita adalah sinergitas yang sudah terjalin selama ini bisa tetap terjaga. Sehingga upaya penegakan dan penuntasan perkara di Kubar-Mahulu bisa terus semakin baik lagi ke depannya," bebernya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved