Breaking News:

Gaya Hidup

Hari Ozon Sedunia 16 September, Begini Cara Agus Bei & Mahasiwa GEMPA Meminimalisir Penipisan Ozon

Hari Ozon Sedunia 16 September, Meminimalisir Penipisan Ozon, Balikpapan Butuh Ruang Terbuka Hijau

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Trinilo Umardini
HO/DOK PRIBADI
Mahasiwa yang tergabung dalam GEMPA alias Gerakan Membersihkan Pantai pada suatu kegiatan yang bertujuan melestarikan lingkungan. Hari Ozon Sedunia 16 September, Begini Cara Agus Bei & Mahasiwa GEMPA Meminimalisir Penipisan Ozon. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari Ozon Sedunia 16 September, begini cara Agus Bei & mahasiwa GEMPA meminimalisir penipisan ozon.

Hari Ozon Sedunia diperingati setiap tanggal 16 September.

Ketetapan ini dibuat pada 19 Desember 1994 saat berbagai negara yang tergabung dalam PBB menandatangani Protokol Montreal yang merupakan salah satu perjanjian internasional di bidang lingkungan hidup.

Adapun perjanjian ini memiliki tujuan untuk fokus melindungi lapisan ozon.

Sebagaimana kita ketahui, lapisan ozon merupakan suatu lapisan gas alami yang berada di stratosfer antara 15-30 km di atas bumi.

Fungsi lapisan ozon sebagai penyerap dan pengendali sinar Ultra Violet B (UV-B) dari radiasi matahari.

Penipisan lapisan ozon terjadi ketika ada gangguan terhadap keseimbangan alamiah antara pembentukan dan penguraian ozon akibat terlepasnya

Bahan Perusak Lapisan Ozon (BPO) ke atmosfer. BPO merupakan bahan kimia yang dapat mengurai ikatan ozon menjadi oksigen sehingga lapisan ozon menipis.

Mahasiwa yang tergabung dalam GEMPA alias Gerakan Membersihkan Pantai pada suatu kegiatan yang bertujuan melestarikan lingkungan.
Mahasiwa yang tergabung dalam GEMPA alias Gerakan Membersihkan Pantai pada suatu kegiatan yang bertujuan melestarikan lingkungan. (HO/DOK PRIBADI)

Pada tataran kehidupan sehari-hari, kita sering tak menyadari kebiasaan atau gaya hidup yang ternyata justru merusak lapisan ozon.

Misalnya saja seperti penggunaan AC di rumah secara berlebihan, tetap menyalakan listrik saat tidak diperlukan, hair spray, pengharum ruangan, dan penggunaan kendaraan meskipun jarak yang ditempuh tidak jauh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved