Breaking News:

Berita Nasional Terkini

BMKG Ungkap Potensi Tsunami Pacitan Setinggi 28 Meter, Kampung Halaman SBY Bisa Tenggelam 16 Meter

BMKG ungkap potensi tsunami Pacitan setinggi 28 meter, kampung halaman SBY bisa tenggelam 16 meter

Editor: Rafan Arif Dwinanto
Pixabay
(ILUSTRASI TSUNAMI) BMKG ungkap potensi tsunami di selatan Jawa Timur tepatnya di Pacitan dan meminta Pemda siapkan skenario terburuk 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengungkap potensi tsunami di selatan Jawa, terutama di Pacitan.

Tak tanggung-tanggung, kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) ini bisa dihantam gelombang tsunami setinggi 28 meter.

BMKG juga memerkirakan tinggi genangan akibat tsunami tersebut bisa mencapai 16 meter di darat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pun mengimbau Pemerintah Daerah Pacitan memersiapkan skenario terburuk andai tsunami menerjang.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, warga Apcitan punya waktu sekitar setengah jam untuk mengungsi ke lokasi aman jika tsunami terjadi.

Adapun lokasi pengungsian yang aman berjarak cukup jauh, yakni 4 km dari bibir pantai Pacitan.

Baca juga: BMKG Sebut Gempa 4,4 SR di Tarakan Tak Berpotensi Tsunami

Baca juga: BREAKING NEWS - Info BMKG Gempa Terkini Pacitan Hari Ini: Kekuatan M 5,2 & Tidak Berpotensi Tsunami

Baca juga: Gempa Bumi M 6,5 Guncang Tojo Una-Una Sulawesi Tengah, Apa Berpotensi Tsunami? Simak Keterangan BMKG

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, untuk menyiapkan skenario terburuk jika terjadi gempa dan tsunami di daerah itu.

Skenario terburuk, kata dia, perlu disiapkan untuk menghindari dan mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi di pesisir selatan Jawa akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

"Berdasarkan hasil penelitian, wilayah Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit.

Adapun tinggi genangan di darat berkisar antara 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4-6 kilometer dari bibir pantai," kata Dwikorita dikutip dari Antara, Minggu (12/9/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved