Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Gunakan APBN, Anggota DPR RI Bantu Pembangunan Desa Wisata di Kutim

Anggota Komisi V DPR RI dapil Kalimantan Timur, Irwan menggelontorkan dana APBN untuk pembangunan desa wisata di Kabupaten Kutai Timur

Penulis: Jino Prayudi Kartono | Editor: Samir Paturusi
DOKUMENTASI PRIBADI IRWAN
Anggota DPR RI dapil Kaltim Irwan berikan dana aspirasi ke Desa Sangkima Kabupaten Kutai Timur. Dana aspirasi yang berasal dari APBN itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa wisata. TRIBUNKALTIM.CO/DOKUMENTASI PRIBADI 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Anggota Komisi V DPR RI dapil Kalimantan Timur, Irwan menggelontorkan dana APBN untuk pembangunan desa wisata di Kabupaten Kutai Timur.

Dana untuk pembangunan desa wisata tersebut sebesar Rp 500 juta.

Desa Desa Sangkima, Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menjadi aspirasi Irwan kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Program aspirasi saya, dan bertujuan untuk percepatan kemandirian desa, salah satunya dengan pembangunan desa wisata,” jelas Irwan dikutip dari siaran pers, Rabu (15/9/2021)

Menurutnya, program Desa Wisata sudah terealisasi. Hal tersebut dengan ditandainya penandatangan kerjasama antara Pemerintah Desa Sangkima, Pemkab Kutai Timur dan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendesa PDTT.

Baca juga: Jadi Tempat Wisata Andalan, Tahun Depan Sarana Prasarana di Gunung Boga Paser akan Dibangun

Baca juga: Bangun BTS di Akhir Tahun, Tempat Wisata Pulau Maratua akan Terlepas dari Wilayah Blank Spot

Baca juga: Luhut Pandjaitan Beri Kabar Gembira di Tengah Perpanjangan PPKM, Cek Syarat Nonton Bioskop & Wisata

Ia berharap dengan dana bantuan pusat ini dapat memberikan multiplier effect untuk membantu warga desa dan mengembangkan ekonomi lokal.

“Alhamdulillah barusan dilakukan penandatanganan kerjasama pusat dengan pemdes Sangkima. Semoga dana ini bermanfaat bagi masyarakat Sangkima dan Kutai Timur khususnya,” ungkap Irwan.

Di sisi lain, Irwan menjelaskan setelah di bangunan sarana dan prasarana desa wisata di Sangkima, maka perlu ada adanya dukungan digitalisai promosi dan pemasaran kultur maupun keindahan alam di desa wisata Sangkima.

“Ini mungkin pihak Pemkab bisa membantu dengan melakukan pemasaran produk unggulan desa melalui ke even- even penting, hotel, dan digitalisasi promosi. Setelah sarana dan prasarana kita bantu dari pusat,” pungkas pria yang disapa Irwan Fecho ini. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved