Breaking News:

BPJS Kesehatan Berikan Layanan Pandawa, Awak Media Siap Bantu Publikasi

Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, instansi layanan publik terus berupaya untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Kegiatan sosialisasi BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan yang diikuti awak media. Mereka siap membantu dan berkoordinasi dalam hal publikasi informasi mengenai program JKN-KIS. 

TRIBUNKALTIM.CO – Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, instansi layanan publik terus berupaya untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Saat ini, pelayanan non-tatap muka menjadi andalan bagi setiap instansi layanan publik.

Salah satunya ditunjukan oleh BPJS Kesehatan yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan berupa layanan non tatap muka yang dapat diakses oleh masyakarat melalui aplikasi WhatsApp.

Layanan tersebut dinamakan Pelayanan Administrasi Melalui Whatapps atau disingkat Pandawa.

Baca juga: Monitoring Layanan, Duta BPJS Kesehatan Kunjungi Peserta JKN-KIS

Dalam kegiatan sosialisasi BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan kepada para awak media, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto menyebutkan, layanan Pandawa ini diberikan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat pada situasi pandemi seperti saat ini.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan administrasi.

"Layanan Pandawa ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi. Jadi sudah tidak perlu lagi untuk keluar rumah dan datang ke kantor cabang. Masyarakat cukup membuka aplikasi WhatsApp, selanjutnya dapat berinteraksi dengan petugas kami. Selain itu, kami juga mengajak para awak media untuk bersama-sama memberikan informasi ini kepada seluruh masyarakat. Jadi nantinya masyarakat dapat mendapatkan informasi ini secara jelas. Kami juga mengucapkan dan mengapresiasi kepada rekan-rekan awak media yang telah membantu dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS," ujar Sugiyanto.

Sebagai informasi, layanan Pandawa di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau dapat diakses melalui nomor 082-159-036-318.

Adapun layanan yang dapat diakses antara lain pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kartu kembali, pindah jenis kepesertaan, perbaikan atau perubahan data dan pengurangan anggota keluarga.

Baca juga: INILAH Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan secara Online Lewat Aplikasi Mobile JKN, Syaratnya Mudah

Sementara itu, salah satu awak media yang hadir dalam kegiatan tersebut, Debi Aditya mengungkapkan bahwa dirinya siap membantu dan berkoordinasi dalam hal publikasi informasi mengenai program JKN-KIS.

Menurutnya, layanan Pandawa ini bermanfaat sekali untuk masyarakat dalam masa pandemi saat ini.

"Sebelumnya, kami dengan BPJS Kesehatan beberapa kali juga berkoordinasi terkait informasi seputar program JKN-KIS. Kami juga siap membantu BPJS Kesehatan untuk memberikan informasi terbaru kepada masyarakat. Tentunya, informasi saat ini sangat penting untuk masyarakat ketahui. Terutama layanan Pandawa yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat tanpa harus datang kekantor," ungkap Debi. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved