Berita Kaltim Terkini

Kasus Dugaan Suap Eks Bupati Kukar Rita Widyasari, Azis Syamsuddin Disebut Bantu Cari Sertifikat

Saksi menyebut Azis Syamsuddin membantu eks Bupati Kutai Kartanegara ( Kukar ) Rita Wudyasari mencari sertifkat guna jaminan pengurusan kasus.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kiri: Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. Kanan: Eks Bupati Kukar, Rita Widyasari saat sidang kasus suap pemberian izin lokasi perkebunan di Kutai Kartanegara Senin (25/6/2018) lalu. Saksi menyebut Azis Syamsuddin membantu eks Bupati Kutai Kartanegara ( Kukar ) Rita Wudyasari mencari sertifkat guna jaminan pengurusan kasus. 

TRIBUNKALTIM.CO - Saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) telah menahan Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin terkait kasus Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Lampung Tengah.

Namun, nama Azis Syamsuddin disebut-sebut juga terkait dalam kasus dugaan suap mantan Bupati Kutai Kartanegara ( Kukar ), Rita Widyasari.

Eks Bupati Kukar, Rita Widyasari diduga menyuap mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju sebesar sekitar Rp 5 miliar.

Apa peran Azis Syamsuddin dalam kasus dugaan suap mantan Bupati Kukar, Rita Widyasari ini?

Menurut keterangan saksi, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin disebut membantu mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari untuk mencari sertifikat sebagai jaminan pengurusan kasus.

Saksi bernama Agus Susanto menyampaikan hal ini saat menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) KPK, Heradian Salipi dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (20/9/2021) lalu.

Baca juga: INILAH KASUS Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR & 6 Nama Menguat jadi Pengganti, Ada Nama Nurul Arifin

Baca juga: Kasus Dugaan Suap Eks Bupati Kukar Rita Widyasari, KPK Cari Bukti Keterlibatan Azis Syamsuddin

Baca juga: Dibekuk KPK, Nasib Azis Syamsuddin di DPR Terjawab, Ada Bantuan Golkar, Airlangga Hartarto Penentu

Dalam persidangan, Heradian Salipi menanyakan, "Dalam BAP 13 saudara mengatakan 'menurut Robin, uang tersebut dari Azis Syamsuddin untuk membantu perkara Rita Widyasari yang sedang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Tangerang?' Apakah benar?" 

"Oh iya karena ada keterkaitan saat mengambil sertifikat," jawab Agus Susanto seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.tv.

Agus Susanto merupakan anggota Polri tahun 2002-2011 yang mengaku kenal mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Stepanus Robin Pattuju sejak 2018, namun komunikasi tidak berlanjut.

Agus baru kembali berkomunikasi dengan Robin Pattuju pada Agustus 2020 dan dijadikan sopir oleh Robin Pattuju.

"Karena setiap ada perjalanan ke Lapas Tangerang, ada untuk jaminan dari Bu Rita kepada Pak Azis terkait penyerahan sertifikat itu," ucap Agus.

"Saya tahu karena Pak Robin ambil sertifikat untuk diserahkan kepada Pak Maskur yang berpesan ini jaminan Bu Rita."

Baca juga: NEWS VIDEO Azis Syamsuddin Dikabarkan Minta KPK Tunda Pemeriksaan karena Jalani Isoman

Maskur Husain adalah pengacara yang juga ditetapkan sebagai tersangka bersama Robin dalam kasus dugaan suap terkait penanganan perkara.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved