Berita Paser Terkini

Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Paser : Generasi Muda Harus Tahu yang Dialami Pahlawan Revolusi

Pemerintah Kabupaten Paser  mengikuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di Pendopo Kabupaten Paser

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema 'Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila' secara virtual, dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Paser yang berlangsung di Pendopo Bupati Paser, Jumat (1/10/2021).TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER - Pemerintah Kabupaten Paser  mengikuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di Pendopo Kabupaten Paser.

Terlihat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya, bersama Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Jumat (1/10/2021).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di lokasi Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

Sekda Paser menginginkan seluruh masyarakat di Kabupaten Paser dapat memaknai dan menerapkan nilai nilai dari pancasila dalam kehidupan sehari- hari baik di masyarakat maupun di pemerintahan daerah.

Baca juga: Bertepatan Hari Kesaktian Pancasila, 1816 Perwira Kodam VI Mulawarman Naik Pangkat

Baca juga: Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Wagub Kaltim Sebut Cyber Crime Bisa Jadi Ancaman

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Bulungan Syarwani: Generasi Muda Harus Halau Paham Kiri

"Kita harus memahami secara utuh, agar keberadaan Pancasila terutama nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat tiap harinya," kata Katsul usai kegiatan.

Terlebih bagi anak muda generasi penerus bangsa, di Hari Kesatian Pancasila bisa dijadikan pembelajaran terkait peristiwa sejarah pada 30 September 1965.

"Generasi muda harus tahu peristiwa yang dialami para pahlawan revolusi saat kejadian 30 September 1965 yang mengancam eksistensi negara kita," imbuh Sekda Paser.

Dikatakan Katsul, sejarah kelam itu bisa dijadikan motivasi dan tekad bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia menilai, penerapan nilai-nilai Pancasila sangat penting dilakukan, apalagi di Masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Sebagai tindakan dalam menumbuhkan sikap kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam menangani atau menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Paser.

"Butuh sikap kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam menangani penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung saat ini," tegas Sekda Paser.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Semangat Persatuan Indonesia

Upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila di Pendopo Kabupaten juga diikuti Kapolres Paser AKBP Eko Susanto, Dandim 0904/PSR Letkol Inf Ronald Wahyudi, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Grogot Mochamad Judhy Ismono, Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, dan Kepala DKISP Paser Ina Rosana.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari nasional yang diperingati setelah peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S.

Dimana saat itu, merupakan perisitiwa berdarah, yang merupakan usaha dari Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mengubah Pancasila menjadi ideologi Komunis. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved