Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Perayaan Hari Jadi ke-76 TNI, Upacara dan Syukuran Digelar Secara Sederhana

Peringatan HUT TNI selama dua tahun terakhir dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Kodam VI Mulawarman
Syukuran peringatan HUT ke-76 TNI yang diikuti Kodam VI/Mlw, Lanal Balikpapan dan Lanud Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Peringatan HUT TNI selama dua tahun terakhir dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara.

Dipimpin Presiden Joko Widodo, pelaksanaan upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB atau 09.00 Wita berjalan dengan lancar dan khidmat.

Pada tahun ini, peringatan hari ulang tahun TNI mengambil tema "Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang".

Di Balikpapan, upacara peringatan HUT ke-76 TNI digelar di halaman Makodam VI/Mlw dan diikuti Kodam VI/Mlw, Lanal Balikpapan dan Lanud Balikpapan.

Baca juga: Kodim 0906/KKR Gelar HUT ke-76 TNI, Dandim Ajak Refleksi Peran dan Fungsi Tentara

Dengan menerapkan protokol kesehatan sejumlah pejabat Kodam mengikuti upacara virtual yakni Pangdam VI/ Mlw Mayjen TNI Heri Wiranto S.E., M.M., M.Tr.(Han), Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Irdam VI/Mlw, Kapok Sahli Pangdam, serta para pejabat utama Kodam.

Hadir pula sejumlah pejabat Forkopinda Provinsi Kaltim seperti kapolda, wakil gubernur, ketua DPRD, kepala kejaksaan tinggi, kepala pengadilan tinggi, walikota Balikpapan, danlanud dan danlanal.

Setelah upacara virtual, dilanjutkan dengan syukuran.

Suasana tampak penuh keakraban saat ramah tamah berlangsung di aula makodam hingga acara pemotongan tumpeng.

Pangdam VI/Mlw menuturkan selama 76 tahun pengabdiannya, TNI telah memberikan dharma bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara yang mana tugas tersebut memerlukan sikap mental yang kuat, tangguh, disiplin yang tinggi serta loyalitas dan kesetiaan hanya kepada NKRI.

"Hal tersebut bisa tercapai, karena seluruh komponen bangsa telah ikut memiliki dan membesarkan TNI. Jalinan kerja sama dan sinergitas yang telah terpatri kuat selama ini bersama Polri, pemerintah daerah, dan seluruh komponen bangsa menjadi faktor pendukung keberhasilan pencapaian tugas pokok TNI," ungkapnya.

Baca juga: HUT ke-76 TNI, Brigjen TNI Suratno Sebut Kaltara Aman Dari Ancaman Ideologi Lain

Kepada awak media yang mewawancarainya, Mayjen TNI Heri Wiranto menyatakan HUT ke-76 TNI kali ini dirayakan penuh kesederhanaan dengan upacara, syukuran, serta berbagai kegiatan sosial.

Namun demikian, kegiatan sosial tersebut sifatnya untuk membangun kepedulian untuk masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi ini.

Menyingkapi PPKM di Provinsi Kaltim, Kaltara dan Kalsel yang sudah turun level, Pangdam menyatakan tekadnya untuk bersama-sama dengan polda, pemerintah daerah, dan seluruh unsur untuk terus menurunkan kasus Covid-19 hingga level satu atau nol kasus.

Yakni, dengan tetap menerapkan langkah 5M serta mendorong pelaksanaan vaksinasi di seluruh wilayah Kodam VI/Mlw hingga di atas 50 persen.

"Kita yakin bila seluruh masyarakat sudah divaksin, kita akan keluar dari krisis pandemi yang sekarang," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved