Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Program Akta Kelahiran Siap Terbit Masih Terkendala Perangkat, Ini Target Disdukcapil Malinau

inas Kesehatan P2KB Malinau bekerja sama dengan Dinas Dukcapil akan menerapkan program akta kelahiran siap terbit

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau, Wesly Ding saat ditemui di Kantor Disdukcapil Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (5/10/2021).TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO,MALINAU- Dinas Kesehatan P2KB Malinau bekerja sama dengan Dinas Dukcapil Malinau akan menerapkan program akta kelahiran siap terbit.

Program tersebut dicanangkan untuk memudahkan proses administrasi kependudukan bagi bayi yang baru lahir di Kabupaten Malinau.

Saat ini, rencana tersebut masih menanti kesiapan perangkat kerja khusus dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau (Dukcapil Malinau).

Plt Dinas Dukcapil Malinau, Wesly Ding menyampaikan saat ini program tersebut masih sementara dirumuskan dan menunggu kesiapan perangkat.

Baca juga: SKD CPNS Malinau Diikuti 46 Peserta, Tiga Orang Absen Tanpa Keterangan

Baca juga: Keluhkan PNS Sulit Menetap, Bupati Malinau Singgung Urgensi CASN Formasi Wilayah Perbatasan

Baca juga: 200 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh Kayan 2021 di Malinau, 20 Orang Dikenakan Tilang

Pihaknya masih terkendala perangkat khusus yang nantinya digunakan sebagai sarana penyimpanan dan pemrosesan data.

"Saat ini kami masih terkendala anggaran untuk pengadaan perangkat khusus. Jadi khusus untuk program akta siap terbit butuh server dan perangkat khusus," ujarnya kepada TribunKaltim.Co, Selasa (5/10/2021).

Wesly Ding menyampaikan, perangkat khusus dibutuhkan karena program ini tidak dapat digabungkan dengan program administrasi kependudukan lainnya.

Sebab dikhawatirkan akan timbul permasalah lain seperti persoalan keselamatan data pribadi penduduk. Saat ini, pengadaan perangkat masig terkendala anggaran.

Baca juga: Jangkau Pasar dan Terminal, Gerai Vaksinasi di Malinau Sasar Wilayah dengan Risiko Penularan Tinggi

"Program akta siap terbit ini terpisah, karena melibatkan pihak ketiga. Jadi storage dan perangkatnya diadakan khusus, untuk menjamin keselamatan data pribadi penduduk," katanya.

Walaupun terkendala pengadaan perangkat khusus, Disdukcapil Malinau menargetkan program tersebut dapat terealisasi tahun 2021 ini. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved