Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Pada Perayaan Birau, ASN Pemkab Bulungan akan Menari Jepen dan Gerak Sama

Perayaan Hari Jadi ke-61 Kabupaten Bulungan dan Hari Jadi ke-231 Kota Tanjung Selor akan digelar pada 12 Oktober mendatang.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Bupati Bulungan Syarwani. Ia mengatakan, sebagai bentuk pelestarian kebudayaan lokal serta melanjutkan tradisi Birau sebelumnya, Tari Jepen dan Gerak Sama secara massal akan selalu dihadirkan TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Perayaan Hari Jadi ke-61 Kabupaten Bulungan dan Hari Jadi ke-231 Kota Tanjung Selor akan digelar pada 12 Oktober mendatang.

Beberapa persiapan terus dilakukan pihak Pemkab Bulungan, salah satunya dengan melatih para ASN dari berbagai OPD di lingkup Pemkab Bulungan untuk menari bersama.

Dua tarian, yakni Tari Jepen khas Bulungan dan Tari Gerak Sama khas Dayak disiapkan untuk memeriahkan perayaan Birau.

Menurut Bupati Bulungan Syarwani, dua tarian tersebut adalah bentuk pelestarian kebudayaan lokal serta melanjutkan tradisi Birau sebelumnya, yang selalu menghadirkan Tari Jepen dan Gerak Sama secara massal.

"Setelah upacara, di Birau-Birau sebelumnya ada tarian massal itu Jepen dan Gerak Sama," kata Bupati Bulungan Syarwani, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Kesiapan Detik-detik Perayaan Hari Jadi Bulungan, Puluhan ASN Latihan Menari Jepen

Baca juga: Makna Ritual Tolak Bala Khas Suku Tidung di Desa Salimbatu Bulungan dengan Sajian 1.000 Ketupat

Baca juga: Bupati Syarwani Jelaskan soal Nasib Perayaan HUT Bulungan Kala PPKM Level 4

"Insya Allah kita akan buat di sini dengan jumlah yang terbatas. Dan itu salah satu cara kita melestarikan budaya," tambahnya.

Ia mengatakan, bila pandemi Covid-19 usai, maka menari Jepen dan Gerak Sama bersama-sama dengan para ASN, akan digelar secara rutin, dengan tujuan untuk senam atau berolahraga bersama.

"Dan kalau kondisi kita kembali normal, kita ingin ada Gerak Sama dan Tari Jepen tiap Jumat di lingkungan Pemkab, di sisi lain melestarikan budaya, di sisi lain juga kita berolahraga," tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Syarwani mengatakan, pada Birau nanti, dirinya akan turut serta bersama dengan ASN Pemkab Bulungan untuk menari Jepen dan Gerak Sama.

Namun ia berseloroh, hingga saat ini dirinya belum dapat mengikuti latihan.

"Birau nanti itu selain ASN ada juga dari DPRD dan Forkompinda Bulungan, dan Insya Allah saya hadir," katanya.

"Tapi saya belum ikut latihan," selorohnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved