Breaking News:

Berita Berau Terkini

Tiga Pencuri BBM di Berau Dibekuk, Polisi Sita 111 Jerigen

Polres Berau menggelar rilis penangkapan kasus tindak pidana pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jober, Kampung Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur,

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Polres Berau menggelar rilis terkait pelaku pencurian BBM, Jumat (15/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Polres Berau menggelar rilis penangkapan kasus tindak pidana pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jober, Kampung Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Jumat (15/10/2021).

Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono menerangkan kronologis kejadian.

Pada Rabu (13/10/2021), Unit Opsnal Reskrim Polres Berau mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa terjadi pencurian BBM di Jober, Kampung Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur.

Saat ini petugas masih melakukan pengembangan dan baru menetapkan 3 orang sebagai tersangka dengan inisial JL (41), MRD (46) dan SYH (44).

Kemudian Unit Opsnal Reskrim yang dipimpin oleh Kanit IV Ipda Wighra langsung melakukan penyelidikan tentang kejadian tersebut.

“Pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 sekitar jam 03.30 WITA, Unit Opsnal Reskrim yang dipimpin oleh Kanit IV Ipda Wighra berhasil mengamankan pelaku di perairan berdekatan dengan Jeti milik jober tersebut, kemudian pelaku beserta barang bukti diamankan ke Polres Berau untuk proses lebih lanjut,” jelasnya.

Baca juga: Promosikan Barang Hasil Curian, Residivis Kembali Ditangkap Polsek Samarinda Seberang

Baca juga: Curi Uang Mertua Rp 37 Juta, Wanita di Bali Pura-pura Dirampok dan Diancam Pakai Senjata Tajam

Baca juga: Ungkap Kasus Pencurian di Long Loreh, Tiga Personel Sat Reskrim Polres Malinau Terima Penghargaan

AKBP Anggoro Wicaksono menambahkan, dari tangan para tersangka diamankan barang bukti 39 buah jerigen BBM pertamax ukuran 30 liter, 72 buah jerigen BBM jenis premium ukuran 30 liter, 1 buah perahu ketinting kayu warna abu-abu.

“Serta peralatan pendukung milik pelaku dalam menjalankan aksinya, yaitu 1 buah selang warna kuning, 1 buah selang warna biru,1 buah tali dan 1 buah profil tank warna kuning,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan adapun modus pelaku ketika menjalankan aksi kejahatannya, yaitu pelaku melakukan pencurian dengan cara mematikan CCTV, kemudian membuka baut dari pipa saluran BBM, setelah itu ditampung menggunakan potongan profil tank dan langsung dialirkan ke jerigen yang sudah disediakan sebelumnya.

“Pelaku melakukan aksinya selalu berkoordinasi dengan security dan marine,” tuturnya.

AKBP Anggoro Wicaksono menjelaskan pasal yang akan dikenakan untuk para tersangka adalah tindak pidana pencurian sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 Tahun.

Baca juga: Curi Tas Selempang di Dalam Mobil, Aksi Pelaku Terekam CCTV Pos Pantau Inafis Polresta Samarinda

“Tidak lupa saya mengimbau agar perusahaan dan pelaku usaha yang memiliki karyawan bisa memastikan dan mengecek kembali karyawannya agar tidak terjadi kejadian serupa di kemudian hari,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved