Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Ketua LPTQ Kukar Pastikan Persiapan MTQ Sudah 90 Persen, Prioritas Vaksinasi Oknum yang Terlibat

Tinjauan lapangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara bahwa MTQ di Kecamatan Muara Badak telah 90 persen

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Sekda Kukar Sunggono. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Tinjauan lapangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara bahwa MTQ di Kecamatan Muara Badak telah 90 persen. 

Ketua LPTQ Kukar Sunggono memaparkan, Senin (25/10/2021) hari ini, setelah belum lama ini meninjau langsung lokasi serta mendapat penyampaian dari Camat.

"Camat Muara Badak juga sudah melaporkan terkait perencanaan pelaksanaan MTQ. Presentasi beliau insya Allah sudah tergambar hampir 90 persen siap," tegas, Sunggono

MTQ ke-42 tahun 2021 sendiri bakal digelar di Muara Badak. Penyelenggaraan diketahui dimulai tanggal 29 Oktober mendatang. 

Pemkab Kukar juga sudah menggelontorkan anggaran sekitar Rp6,5 miliar melalui APBD murni dan perubahan tahun 2021. 

Baca juga: Usai Raih Juara Umum MTQ Kaltim, Kukar Persiapkan Kafilah untuk Ikut STQ Nasional di Ternate

Baca juga: Kukar Juara Umum MTQ Kaltim ke-42, Pemkab Kukar Beri Bonus ke Pemenang, Berikut Besarannya

Baca juga: Butuh Uluran Tangan, Isnan Hafidz Juara MTQ Asal Kukar Mengalami Bengkak di Pipinya

Sunggono juga menjelaskan terkait akomodasi dan pemondokan kafilah telah dipersiapkan dengan baik.  Tak hanya itu, pendamping, juri, pelatih pun sudah termasuk di dalamnya. 

MTQ kali ini juga memprioritaskan semua yang terlibat harus sudah mendapatkan suntikan vaksin. Walaupun ada beberapa yang enggan untuk divaksin. 

"Semua yang terlibat harus sudah divaksin. Jika tidak mau ya kita batalkan. Sebagian besar mau (vaksin), hanya sebagian kecil yang hanya belum berkenan," sebut Sunggono

Satu kontingen maksimal 70 orang dan disiapkan minimal empat tempat pemondokan bagi para santri.  Kafilah perempuan dibedakan dengan yang laki-laki, dan tidak boleh menerima tamu dari luar. 

Ditambahankan Sunggono bahwa MTQ yang dilaksanakan juga menerapkan protokol kesehatan ketat.  Bagi kafilah yang belum vaksin, tegas tidak diperbolehkan ikut berpartisipasi, karena vaksin adalah syarat utama. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Paser Tunda Pelaksanaan MTQ ke-46 di Kecamatan Muara Komam

"Dari laporan mereka ada yang belum vaksin, itu karena penyakit. Tetapi sudah ada surat keterangan dari dokter atau rumah sakit bahwa memang belum bisa divaksin karena masih dalam terapi penyakit, yang lainnya sudah," terangnya. 

Melihat hal itu, Sunggono juga menyampaikan berencana menyediakan stand vaksin pada saat gelara MTQ

Mereka yang ingin vaksin, alhasil bisa langsung menuju tempat yang sudah disediakan. 

"Kalau berminat untuk vaksin bisa dilakukan, karena kami sepakat dengan teman-teman puskesmas Muara Badak jika di tempat kegiatan disiapkan juga kalau ada warga yang berkenan untuk vaksin," pungkas Sunggono. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved