Breaking News:

Tech Startup 'XETIA', Startup Asal Balikpapan Mampu Ekspansi Market hingga Jepang

Agus Setiawan, diaspora Indonesia di Jepang memilih mendirikan Tech Startup 'XETIA' setelah bekerja di perusahaan Jepang di bidang smart-farming

Penulis: Sumarsono | Editor: Sumarsono
IST
Konsultasi bersama Ms. Naoko Kurosawa (Senior Manager for Startup Incubation Division di TSUCREA Co., Ltd.) di Ogyaa’s coworking space Umeda 

TRIBUNKALTIM.CO - Agus Setiawan, diaspora Indonesia di Jepang memilih mendirikan Tech Startup bernama XETIA setelah bekerja di perusahaan Jepang yang bergerak dalam bidang smart- farming.

XETIA memiliki ambisi untuk menciptakan sistem yang mampu berkontribusi dalam pengembangan smart-city seperti data-driven personalized nutrition platform.

Oleh karenanya, XETIA selama beberapa bulan terakhir aktif melakukan konsultasi ke beberapa pihak di daerah Osaka.

Sebagai hasilnya, startup asal Balikpapan ini berhasil mendapatkan fasilitas berupa Business Support Office (BSO) dari pemerintah Jepang melalui Osaka Internasional Business Promotion Center (IBPC Osaka).

Perkenalan BSO oleh Ms. Nahoko Matsumoto (kiri) dan Mr. Trung Pham (kanan) dari Investment Promotion Planner, IBPC Osaka
Perkenalan BSO oleh Ms. Nahoko Matsumoto (kiri) dan Mr. Trung Pham (kanan) dari Investment Promotion Planner, IBPC Osaka (HO)

Fasilitas ini diberikan sebagai salah satu komitmen Jepang dalam pendukung percepatan pertumbuhan startup yang bergerak dalam bidang teknologi, salah satunya adalah smart-city untuk mencapai Society 5.0.

Salah satu platform yang menggunakan teknologi XETIA saat ini adalah aplikasi HARARU.

Aplikasi ini merupakan F&B marketplace yang mengintergasikan beberapa konsep seperti supply chain, halal food, dan personalisasi nutrisi.

Melalui konsep Shokuiku (食育), HARARU berkomitmen memberikan edukasi pola makan sehat ala Jepang.

Pola makan sehat orang Jepang ini diperkirakan menjadi salah satu penyebab kenapa mereka memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

Aplikasi HARARU tersedia di App Store dan Google Play
Aplikasi HARARU tersedia di App Store dan Google Play (IST)

Oleh karenanya, HARARU akan terus berinovasi membangun produk dengan fokus pada makanan Halal, plant-based food, dan sustainably sourced food.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved