Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Dorong Minat Wirausaha Pemuda Kukar untuk Pulihkan Ekonomi, Kuliah Umum Pemkab, DPR RI dan Akademisi

Kuliah umum ini bertujuan mewujudkan generasi muda mandiri serta berkualitas melalui pengembangan kewirausahaan pemuda Kemenpora RI

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kukar Rakhmadan saat ditemui usai kuliah umum di Kukar, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kuliah umum untuk menumbuhkan minat Kewirausahaan pemuda digelar di Tenggarong, Kukar, Kaltim. Kuliah umum ini bertujuan mewujudkan generasi muda mandiri serta berkualitas melalui pengembangan kewirausahaan pemuda Kemenpora RI. 

Kuliah umum yang diberikan kepada pemuda dan pengusaha muda Kukar dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Bupati Kukar Edi Damansyah yang diwakili Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kukar Rakhmadan, dan akademisi yaitu Rektor Unikarta Erwinsyah. 

Rakhmadan sendiri saat menyampaikan sambutan dari Bupati Kukar, sempat menyinggung perihal Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) Kukar

Perkuliahan umum ini, diharap semakin menumbuhkan minat para pelaku usaha muda di Kukar.  Serta yang merasa mengalami kesukaran mengembangkan usahanya agar dapat datang langsung ke klinik WPM, untuk berkonsultasi dengan mentor yang sudah difasilitasi pihak Dispora Kukar.

"Jadi kami ada program Sekam Sharing, Senin dan Kamis konsultasi. Teman-teman wirausaha dengan narsum yang kita berikan," ujar Rakhmadan, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Plt Bupati Chairil Harapkan Pemuda Kukar Berdaya Saing, Inovatif dan Mandiri

Baca juga: Pacu Generasi Muda Berbisnis, Bank Mandiri Gelar Wirausaha Muda Mandiri 2021

Baca juga: Bekali PNS yang Masuki Purnatugas Latihan Wirausaha, Pemkot Samarinda Harapkan Mereka Bisa Berkarya

Sebagai informasi masyarakat klinik WPM sudah berdiri hampir 2 tahun terakhir, serta masih berjalan hingga saat ini. "Ini juga merupakan klinik WPM satu-satunya di Kaltim dan menjadi kebanggaan bagi Pemkab, karena bisa mendukung para pemuda untuk berwirausaha, klinik WPM mendukung pemuda berwirausaha dari usia 15-30 tahun," terang Rakhmadan

"Untuk bisa semakin menambah pelaku usaha muda tentu juga diperlukan adanya dorongan dari Pemerintah Pusat," imbuhnya.

Rakhmadan juga berujar jika pemerintah pusat menyokong serta memberikan anggaran lebih besar, bukan tak mungkin program klinik WPM juga akan mencetak pengusaha muda yang terus berinovasi semakin bertambah. 

Saat ini saja sudah ada 1.000 lebih pengusaha muda tergabung di klinik WPM guna mendapat bimbingan dan pengembangan ilmu usaha.   "Seandainya (pemerintah) pusat ada memberikan anggaran yang lebih besar selain anggaran Pemda, mungkin sayap kita akan berkembang lagi. Pengusaha muda kita juga akan lebih banyak," ungkapnya. 

Sementara itu, Hetifah yang diwawancarai awak media, bak gayung bersambut juga menyampaikan kuliah umum yang dihadirinya di Kukar, wujud dorongan dari wakil rakyat guna pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. 

Baca juga: Peserta Pelatihan Wirausaha di Samarinda Harap Dipermudah Buka Usaha Usai Pensiun PNS

Minat dalam diri para pemuda harus dibangkitkan lagi untuk membangun perekonomian melalui wirausaha.  "Harus lebih mengakselerasi minat untuk membangun perekonomian. Pemerintah sudah berubah orientasi supaya pemuda tidak hanya punya ilmunya saja," kata Hetifah. 

Kebanggaan juga dilontarkankannya, terlebih Kukar salah satu kabupaten yang jadi role model pengembangan pengusaha muda, khususnya dalam bidang pertanian. 

Belum lagi Ibu Kota Negara (IKN) yang akan berpindah ke Kaltim dan sebagian wilayah Kukar.   Dengan demikian, para pemuda juga harus bergerak gesit melihat peluang mengembangkan usahanya serta meraup untung. 

"Kita tidak mungkin membiarkan perekonomian di Kukar dinikmati orang luar, pemuda disini harus siap untuk mengambil kesempatan yang bakal terbuka. Terlebih di Kukar sudah ada kliniknya (WPM)," ucapnya. 

Hetifah menjamin kegiatan pengusaha muda untuk mengembangkan usahanya melalui klinik WPM akan terus berlanjut. Pihaknya pun sudah memutuskan bakal menyiapkan anggarannya di tahun 2022 untuk memfasilitasi program tersebut.  (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved