Berita DPRD Kukar

Realisasikan Aspirasi, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid Berikan Bantuan ke Pokdakan Desa Perjiwa

Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid membagikan sejumlah bantuan perikanan kepada Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Desa Perjiwa

Penulis: Aris Joni | Editor: Diah Anggraeni
Tribunkaltim.co/Aris Joni
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid saat menyerahkan bantuan aspirasinya kepada Pokdakan Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang. Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid membagikan sejumlah bantuan perikanan kepada kelompok budi daya ikan (pokdakan) di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (17/11/2021).

Politikus Golkar tersebut menyerahkan bantuan berupa keramba jaring apung (KJA) sebanyak 12 unit, benih ikan nila sebanyak 20 ribu ekor, dan pakan ikan sebanyak 1,7 ton.

Baca juga: Kodim 0906/Kkr Raih Juara Lomba Binter dan Karlister TNI AD, Ketua DPRD Kukar: Prestasi Luar Biasa

Abdul Rasid mengatakan, bantuan itu merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang tergabung dalam kelompok budi daya ikan, kemudian disalurkan melalui pokok pikirannya di DPRD Kukar.

"Karena aspirasi dari anggota DPRD itu tidak hanya berupa fisik saja, tapi pemberian bantuan seperti ini juga menjadi komitmen kita dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Kukar," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan.

Pihaknya yang menyediakan sarana dana prasarananya, kemudian masyarakat yang mengembangkannya.

"Kalau kata Pak Syaukani dulu, kita hanya berikan pancingnya saja, tapi untuk pengembangannya kita harapkan masyarakat bisa mengembangkan. Tidak hanya kita berikan uang, kalau berbentuk uang kan bisa habis," jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid Apresiasi Kinerja Pemkab dalam Persepsi Anggaran Pembangunan

Lanjut Rasid, ia juga meminta warga dapat mengelola dengan baik bantuan tersebut agar saat panen dapat disisihkan untuk kembali membeli bibit dan pakan, sehingga dapat terus berkelanjutan.

"Kalau memang pengelolaannya bagus, bantuan ini akan berkembang," tegasnya.

Ia juga meminta instansi terkait, yakni Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, untuk terus memonitoring pengelolaan bantuan tersebut.

Rasid menegaskan, dirinya akan selalu memberi dukungan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di bidang perikanan selama pengelolaan yang dilakukan baik.

"Kalau memang dikelola dengan baik, bantuan ini bisa berkembang. Yang awalnya 12 keramba bisa ke depan 20 keramba," tuturnya.

Baca juga: Raperda Pemekaran Dua Kecamatan Baru Digarap DPRD Kukar, Target Dua Minggu Selesai

Sementara itu, Kepala DKP Kukar Muslik mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Kukar yang telah memberikan bantuan melalui aspirasinya kepada para kelompok budi daya perikanan yang ada di Desa Perjiwa.

"Bantuan ini merupakan paket lengkap. Alhamdulillah, ini merupakan bentuk dukungan Pak Ketua DPRD Kukar melalui aspirasi masyarakat yang sampaikan kepada beliau, sehingga bantuan ini dapat terlaksana," jelasnya.

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan yang ujungnya dapat menyejahterakan kelompok tersebut.

Di samping itu, kelompok penerima bantuan tersebut juga dapat memanfaatkannya untuk dikembangkan kembali.

"Karena ini paket lengkap. Sudah ada bibit, sudah ada pakan, sudah ada keramba, budi daya tinggal melanjutkan dan mengembangkannya saja," pungkasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved