Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Jadwal Pengumuman UMK Balikpapan 2022, Disnaker Sebut Lebih Tinggi dari Provinsi Kaltim

Upah Minimum Kota atau UMK Balikpapan tahun 2022 dipastikan naik dan lebih tinggi dari Upah Minimum Provinsi atau UMP Kaltim.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Ani Mufidah. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Upah Minimum Kota atau UMK Balikpapan tahun 2022 dipastikan naik dan lebih tinggi dari Upah Minimum Provinsi atau UMP Kaltim.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Ani Mufidah kepada Tribunkaltim.co, Sabtu (20/11/2021).

Ani mengaku pihaknya telah mendapatkan angka kenaikan UMK 2022 di Kota Balikpapan. Ini dirumuskan sesuai dengan aturan di Peraturan Pemerintah No 36.

"UMK di Kota Balikpapan akan diumumkan paling lambat pada tanggal 30 November 2021. Bocoran angkanya yang jelas akan lebih tinggi dari Provinsi," jelasnya.

Sebagai informasi, mulai tahun ini, penetapan UMK dan UMP sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Baca juga: UMK Balikpapan 2022 Dipastikan Naik, Bocoran Angka Tunggu Penetapan Gubernur Kaltim

Baca juga: UMK Balikpapan Tak Naik, Perusahaan Surplus Diharap Tetap Naikkan Upah

Baca juga: INILAH BESARAN UMK BALIKPAPAN 2021 Terbaru dan Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp 1 juta

Untuk penentuan besaran kenaikan UMK dibuat dengan memperhitungkan angka pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan.

Kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan yang dimaksud meliputi variabel paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah.

Data pertumbuhan ekonomi, inflasi, paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik (BPS).

Sementara, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021, menurut perkiraan Bank Indonesia adalah 3,5 persen hingga 4,3 persen.

Sedangkan inflasi tahunan hingga September 2021 hanya 1,6 persen. Dengan kondisi ini, diperkirakan kenaikan UMP dan UMK tahun 2022 hanya terbatas.

Baca juga: Disetujui Walikota Rizal Effendi, UMK Balikpapan 2021 Tak Alami Kenaikan Tetap Rp 3 Juta

Kata Ani, besaran UMK yang ditetapkan di Kota Balikpapan memang selalu lebih tinggi dari provinsi, maka boleh dilakukan perhitungan ulang.

"Sementara dari info yang didapat, hitungan kita lebih tinggi otomatis kita bisa melakukan penyesuaian tapi kita belum berani merilis," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved