Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Grab dan KemenkopUKM Perkuat Kemitraan Strategis, Perluas Digitalisasi dan Peluang Ekonomi bagi UMKM

Grab Indonesia menegaskan kembali sinergi strategis melalui penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Re

HO/GRAB
Teten Masduki (kiri), Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia dalam peresmian kerja sama dalam mendukung perluasan digitalisasi bagi pelaku UMKM di Indonesia. HO/GRAB 

TRIBUNKALTIM.CO - Grab Indonesia menegaskan kembali sinergi strategis melalui penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM RI).

Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis guna mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi yang merata bagi pelaku UMKM di Indonesia yang telah dijalin Grab Indonesia dan Kemenkop UKM sejak September 2020 lalu. 

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki menyampaikan harapannya untuk kelanjutan kerja sama ini.

“Perkembangan digitalisasi para pelaku UMKM dalam satu tahun ke belakang sangat menggembirakan. Bergabungnya UMKM ke platform digital seperti Grab telah membantu para pelaku UMKM mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut.

Kami harap bangkitnya UMKM dari pukulan pandemi Covid-19 selama satu tahun ke belakang dapat terus dilanjutkan dengan program-program digitalisasi yang berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang.

Baca juga: Grab Tawarkan Sejumlah Inovasi dan Solusi untuk Penuhi Kebutuhan Harian selama PPKM Darurat

Baca juga: Kisah Sukses Bisnis Makanan Sehat di Tarakan Kalimantan Utara dengan Menggandeng GrabFood

Kapasitas digital yang mumpuni ini perlu ditingkatkan ke skala besar sehingga target Pemerintah Indonesia untuk mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024 bisa terwujud," ujarnya pada siaran pers yang diterima TribunKaltim.co, Selasa (23/11/2021).

“Sebuah kehormatan bagi kami karena telah kembali dipercaya sebagai mitra pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program digitalisasi para pelaku UMKM.

Kami percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital.

Kami berharap implementasi dari kolaborasi dengan KemenkopUKM dapat membantu upaya pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia," ucap Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia.

Di bawah naungan kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalisasi bagi pelaku UMKM tanah air.

Dengan bekal keterampilan digital, para mitra UMKM diharapkan tidak hanya dapat melahirkan inovasi-inovasi produk dan layanan yang dapat menjawab berbagai kebutuhan konsumen, tapi juga memiliki peluang untuk meningkatkan ketahanan bisnis serta mendapatkan peluang pendapatan baru berkat akses ke pasar yang lebih luas. 

Baca juga: Dukung Perkembangan Pelaku UMKM, Pihak Grab Resmikan Tech Center Indonesia Secara Online

Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru, termasuk inisiatif peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022 mendatang. 

Sejak 2020 lalu, Grab telah menjadi mitra strategis Kemenkop UKM untuk memperluas dampak sosial dan ekonominya dalam pemberdayaan kapasitas UMKM.

Sejumlah program kolaborasi oleh Grab Indonesia dan Kemenkop UKM telah dilakukan untuk mencapai pemerataan digitalisasi bagi pelaku UMKM di seluruh penjuru Indonesia, seperti ​​#TerusUsaha dan inisiatif Kota Masa Depan yang dijalankan bersama Emtek dan Bukalapak untuk mendorong digitalisasi UMKM yang berfokus pada tiga prioritas, yakni: Vaksinasi, Adopsi Platform Digital (onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak) dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.  (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved